Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sejumlah Daerah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat hingga 18 Maret

PLT Deputi Bidang Meteorologi Widada Sulistya mengungkapkan peningkatan curah hujan tersebut akibat gelombang atmosfer atau Rosbby Equator yang terdapat di sebagian besar Sumatera, Selat Karimata dan Laut Jawa
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  06:12 WIB
Hujan lebat disertai petir melanda kawasan kampung nelayan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (27/12/2018). - ANTARA/Dedhez Anggara
Hujan lebat disertai petir melanda kawasan kampung nelayan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (27/12/2018). - ANTARA/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperingatkan akan ada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia bagian barat.

PLT Deputi Bidang Meteorologi Widada Sulistya mengungkapkan peningkatan curah hujan tersebut akibat gelombang atmosfer atau Rosbby Equator yang terdapat di sebagian besar Sumatera, Selat Karimata dan Laut Jawa bagian Utara dan adanya sirkulasi siklonik di perairan sebelah Barat Sumatera.

"Kedua hal tersebut menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin di sekitar wilayah Sumatera dan Jawa bagian Barat sehingga mendukung terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan," katanya dalam siaran pers pada Senin (16/3/2020).

Dia menuturkan wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk periode 16 - 18 Maret 2020, antara lain Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung.

Kemudian ada Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat timbul seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Cuaca Indonesia
Editor : Mia Chitra Dinisari
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top