Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Perintah Pemda Tetap Sediakan Sarana Transportasi, Sindir Anies?

Presiden Joko Widodo meminta pemerintah pusat dan daerah tetap menyediakan sarana transportasi di tengah upaya menekan angka penyebaran Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 16 Maret 2020  |  16:55 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta pemerintah pusat dan daerah tetap menyediakan sarana transportasi di tengah upaya menekan angka penyebaran Covid-19.

Saat konferensi pers di Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat, Presiden memerintahkan seluruh moda termasuk kereta api, bus kota, mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT) hingga bus Trans tetap beroperasi.

“Yang penting bisa mengurangi tingkat kerumunan mengurangi antrian dan mengurangi kepadatan orang dalam transportasi tersebut,” katanya di Istana Presiden, Senin (16/3/2020).

Kebijakan ini dikeluarkan Jokowi hanya berselang satu hari setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan mengurangi rute dan jam operasional secara ekstrem. Langkah ini untuk menekan angka penyebaran wabah tersebut.

Akibatnya, kebijakan ini dikritik oleh sejumlah pihak. Pasalnya langkah ini membuat aktivitas masyarakat terhambat dan mengakibatkan penumpukan di sejumlah halte Trans Jakarta.

Di sisi lain, Jokowi meminta pemerintah daerah untuk melakukan konsultasi sebelum mengeluarkan sebuah kebijakan tertentu. Pun demikian, dia tidak menghambat upaya pemerintah daerah menyampaikan informasi terkini terkait Corona.

“Semua kebijakan besar di Pemda harus dibahas dengan pemerintah pusat untuk mempermudah komunikasi saya minta kepala daeah membahas dengan Kementerian dan Satgas Covid-19,” terangnya.

Simak penjelasan lengkap Presiden Jokowi dari video streaming Sekretariat Presiden di atas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt Virus Corona LRT covid-19
Editor : Sutarno
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top