Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kala Kejaksaan Mencari Metodelogi Hukum Membahas HAM

Untuk membahas itu, Badiklat Kejaksaan menggande PUSHAM-UII. Kerja sama dunia pendidikan ini bakal diperluas hingga ke Mahkamah Agung.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 12 Maret 2020  |  20:52 WIB
Logo Kejaksaan RI di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta. - Bisnis/Samdysara Saragih
Logo Kejaksaan RI di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta. - Bisnis/Samdysara Saragih
Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kaban Diklat) Kejaksaan RI, Setia Untung Arimuladi, menggandeng Pusat Studi Hak Asasi Manusia pada Universitas Islam Indonesia (PUSHAM-UII) Yogyakarta.
 
Ketua Umum Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) itu juga mengatakan alasan pihaknya bekerja sama dengan PUSHAM-UII yaitu untuk meningkatkan kompetensi Jaksa di bidang Hak Asasi Manusia (HAM) dalam menegakkan hukum di Indonesia.
 
Rombongan PUSHAM-UII tersebut mendatangi Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI dipimpin langsung Dewan Penasihat PUSHAM-UII Busyro Muqoddas, Suparman, Marjuki, Eko Riyadi, Derpan Heryansyah serta perwakilan Norwedian Centre for Human Rights (NCHR)-UiO Aksel Tomte.
 
"Kami sangat mengapresisasi kehadiran beliau-beliau ke Badiklat untuk mengajak kerjasama dan dalam rangka kaitannya meningkatkan kompetensi SDM, khususnya para Jaksa," tuturnya, Kamis (12/3/2020).
 
Sementara itu, Direktur PUSHAM-UII Yogyakarta, Eko Riyadi mengaku pihaknya tidak hanya bakal bekerja sama dengan Kejaksaan Agung, tetapi juga Mahkamah Agung untuk melakukan penelitian dan pendidikan hukum dalam menangani kasus HAM.
 
"Kami sedang mengembangkan metodologi hukum membahas Hak Asasi Manusia dan kami sedang menginisiasi kerjasama dengan Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung dalam konteks penelitian dan pendidikan bagi hakim dan bagi jaksa,” kata Eko.
 
Menurut Eko, PUSHAM-UII nantinya juga bakal melakukan  riset bersama dan melakukan publikasi buku bersama, kemudian melakukan pelatihan pelatihan bagi Jaksa dan bagi hakim.
 
“Lebih banyak lagi akan melakukan pelatihan dan training, pelatihan pelatihan bagi Jaksa dan Hakim," ujarnya.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uii Kejaksaan Agung
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top