Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BKN: Baru 35 Persen Instansi Pemerintah Dinilai Baik

Dari hasil evaluasi tersebut 3,3 persen instansi sangat baik, 35 persen instansi Baik, 50 persen cukup, dan 11,7 persen buruk dalam penerapan manajemen kinerja PNS.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 12 Maret 2020  |  06:22 WIB
Aparatur Sipil Negara (ASN) Bagian umum Sekretariat Pemerintah Kota Banda Aceh kembali beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Banda Aceh, Aceh, Senin (10/6/2019). - ANTARA/Irwansyah Putra
Aparatur Sipil Negara (ASN) Bagian umum Sekretariat Pemerintah Kota Banda Aceh kembali beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Banda Aceh, Aceh, Senin (10/6/2019). - ANTARA/Irwansyah Putra
Bisnis.com, JAKARTA - Evaluasi kinerja intansi pemerintah yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan baru 35 persen instansi yang memperoleh nilai baik dan hampir 12 persen buruk.
 
Dikutip dari saiaran pers pada Rabu, (11/3), BKN melakukan evaluasi kinerja instansi pemerintah guna mengukur sejauh mana instansi Pemerintah menerapkan manajemen kinerja. BKN melalui Direktorat Kinerja ASN melakukan evaluasi penerapan manajemen kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam kurun waktu 2 tahun (2018 -2019). 
 
Dari hasil evaluasi tersebut 3,3 persen instansi sangat baik, 35 persen instansi baik, 50 persen cukup, dan 11,7 persen buruk dalam penerapan manajemen kinerja PNS.
 
Evaluasi penerapan manajemen kinerja PNS di Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah ini bertujuan untuk memantau penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. 
 
Evaluasi tersebut dilakukan dengan menggunakan 6 parameter penilaian, yang terdiri dari Perencanaan Kinerja (penyusunan sasaran kinerja pegawai), Pelaksanaan Kinerja (penerapan sistem penilaian kinerja), Evaluasi Penilaian Kinerja dan Perilaku, Pemanfaatan Penilai Kinerja, Ketersediaan Sistem/Aplikasi Kinerja, dan Pelaporan Penilaian Prestasi Kerja PNS.
 
BKN sebagai instansi pembina manajemen kepegawaian senantiasa berupaya mewujudkan environment yang mendukung tegaknya sistem merit yang mengedepankan kualifikasi, kompetensi dan kinerja, khususnya dalam penentuan pengisian jabatan di birokrasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pns bkn
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top