Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Amerika Beri Akses Australia ke Cadangan Minyak Strategis

Akses ke cadangan minyak milik Amerika Serikat ini dapat dilakukan dalam keadaan darurat.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 08 Maret 2020  |  19:58 WIB
Kilang Minyak - Bloomberg
Kilang Minyak - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Australia mengatakan membuat kesepakatan dengan Amerika Serikat (AS) agar dapat mengakses cadangan minyak strategis negara Paman Sam itu.

Dilansir Bloomberg, Minggu (8/3/2020), Menteri Energi Australia Angus Taylor akan menandatangani pakta tersebut dalam lawatannya ke AS. Setelah kesepakatan itu AS akan memberikannya akses ke minyak mentah dari ke Cadangan Minyak Strategis Amerika selama keadaan darurat kepada Australia.

Dilansir Sidney Morning Herald, kesepakatan itu juga akan membuka peluang Australia mengakses 640 juta barel minyak mentah AS yang disimpan di seluruh jaringan gua bawah tanah.

Australia juga dapat menyimpan bahan bakarnya sendiri di fasilitas Texas dan Louisiana, atau milik AS lainnya dalam keadaan darurat.

Langkah itu dinilai akan menghemat miliaran dolar anggaran untuk membangun fasilitas penyimpanan serupa di Australia untuk memenuhi aturan IEA. Menurut data 2019 dari International Energy Agency (IEA), Australia tidak memenuhi persyaratan untuk memiliki cadangan minyak 90 hari.

Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol mendukung negosiasi dan mengatakan kesepakatan dapat diperhitungkan terhadap kewajiban 90 hari Australia. Dia sebelumnya juga mendesak agar pemerintah Australia kembali memenuhi aturan tersebut sesegera mungkin.

"Minyak saat ini adalah sumber kehidupan ekonomi global. Anda mungkin menyukai minyak, tidak menyukai minyak, tetapi ini adalah realitas kehidupan," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Minyak

Sumber : Bloomberg

Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top