Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rumah Sakit Rujukan Corona Ditambah Jadi 137 Unit

Pemerintah kembali menambah jumlah Rumah Sakit rujukan untuk virus corona menjadi total 137 unit. Sejumlah rumah sakit swasta dikabarkan juga sudah menawarkan diri.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 05 Maret 2020  |  11:49 WIB
Tim Medis Rumah Sakit Pertamina Jaya memeriksa suhu tubuh seorang pegawai di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Pemeriksaan kondisi suhu tubuh bagi pegawai maupun tamu tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. ANTARA FOTO - Aprillio Akbar
Tim Medis Rumah Sakit Pertamina Jaya memeriksa suhu tubuh seorang pegawai di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Pemeriksaan kondisi suhu tubuh bagi pegawai maupun tamu tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. ANTARA FOTO - Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menambah rumah sakit (RS) rujukan untuk menangani virus corona (Covid-19).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, mengatakan dari semula ada 100 RS, sekarang RS rujukan telah menjadi 137 unit dan beberapa rumah sakit swasta juga sudah menawarkan diri.

"Sekarang kan sebetulnya tiap hari kan ada update hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) kita seluruh Indonesia. Ini terus kita benahi, kita sempurnakan setelah dengan betul-betul kejadian kasus yang kemarin ada 2 kasus," ujar Muhadjir seperti dikutip dari website resmi Sekretariat Kabinet, Kamis (5/3/2020).

Selain itu, pemerintah telah melakukan tracking terhadap orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien terinfeksi virus Corona. Termasuk terhadap beberapa kasus yang kemarin sempat muncul seperti penumpang dari warga negara New Zealand yang dari Iran mampir di Bali.

"Sudah kita telusuri semua, mungkin ada sekitar ada 30-an pihak dan ternyata negatif," imbuhnya.

Penelusuran akan terus dilakukan hingga menemui mata rantai dari penyebaran virus corona di Indonesia.

Untuk RS di Pulau Galang, Muhadjir menyampaikan pemerintah akan merevitalisasinya karena dulu pernah dipakai untuk menampung pengungsi dari Vietnam.

"Bapak Presiden beri pengarahan beliau menyampaikan kurang dari sebulan harus sudah siap digunakan, sebagai alternatif. Jadi yang lain juga tetap Natuna menjadi pilihan, Sebaru menjadi pilihan. Nanti mana yang paling mungkin," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah sakit Virus Corona kemenko pmk
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top