Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

WNI di Spanyol Diimbau Batasi Perjalanan Antisipasi Corona

Di Spanyol terdapat sekitar 1.500 warga Indonesia yang tersebar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Februari 2020  |  02:05 WIB
Virus Corona penyebab sindrom pernapasan MERS. - bbc.co.uk
Virus Corona penyebab sindrom pernapasan MERS. - bbc.co.uk

Bisnis.com, LONDON - Kedutaan Indonesia di Madrid mengimbau warga Indonesia yang ada di Spanyol untuk menunda dan membatasi sementara perjalanan terkait dengan perkembangan penyebaran virus corona (COVID-9) di beberapa wilayah di Madrid, Cataluña, Kepulauan Canarias, Valencia, Andalusia dan Baleares dan wilayah lain yang bepotensi terdapat COVID-19.

Untuk itu KBRI Madrid mengimbau warga Indonesia meningkatkan kewaspadaan serta menjaga kebersihan dan kesehatan diri, termasuk di antaranya sering membersihkan tangan dengan menggunakan sabun antiseptik dan air, atau hand-sanitizer berbasis alkohol.

Pensosbud KBRI Madrid Ekalyptha Setyo Cahyono kepada Antara London, Jumat (28/2/2020) mengatakan di Spanyol terdapat sekitar 1.500 warga Indonesia yang tersebar di Madrid sekitar 400 jiwa dan di daerah Cataluna seperti Barcelona sekitar 150 di Andalusia sekitar 115 dan di kepulauan Canarias sekitar 62 orang.

Banyak juga warga Indonesia yang bekerja di kapal pesiar atau penangkap ikan, namun jumlahnya tidak pasti karena biasanya hanya sebentar bersandar. "Kalau anak buah kapal yang bekerja di kapal pesiar pas sandar mereka ada kontak dan koordinasi melalui telepon gengam," ujar Ekalyptha Setyo Cahyono.

Dalam surat edarannya KBRI yang ditandatangani Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Madrid, Tuty Dityawanty minta warga Indonesia menghindari kontak dengan siapa pun yang menderita demam dan batuk serta menggunakan masker. Serta mengikuti perkembangan wabah virus 2019-nCoV di wilayah tinggal masing-masing dari sumber-sumber resmi.

Bagi WNI yang tinggal di wilayah yang banyak turisnya seperti di Cataluña, Kepulauan Canarias, Valencia, Andalusia dan Baleares untuk selalu mengikuti arahan dan ketentuan pencegahan penyebaran COVID-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah Sanyol dan Pemerintah Daerah setempat.

Sekiranya terdapat Warga Negara Indonesia di wilayah Spanyol yang mengalami indikasi terjangkit wabah virus corona, agar segera menghubungi Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit terdekat atau Perwakilan RI di Madrid melalui nomor dan alamat kontak sebagai berikut: Hotline: +34 619 31 23 80, dan email:staffkons@embajadadeindonesia.esdan cultura_indonesia@yahoo.es.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korsel Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top