Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Maluku Hingga Manado Diguncang Gempa, Ini 5 Wilayah Paling Bergetar

Lokasi gempa dengan magnitudo 5,4 SR berada di koordinat 1.56 LU 126.46 BT atau terletak di 124 kilometer barat laut Jailolo-Maluku Utara pada kedalaman 10 kilometer.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Februari 2020  |  02:18 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Gempa dengan magnitudo 5,4 SR (skala Richter) yang mengguncang wilayah perairan Maluku Utara pada Sabtu (15/2) malam sekitar pukul 22.36 WIB terasa hingga di lima daerah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya menginformasikan lima wilayah itu yakni di Bitung, Mayau, Ternate, Jailolo, dan Manado.

Meski demikian, getaran yang tercatat di lima daerah itu tergolong lemah dengan skala II hingga III MMI (Modified Mercalli Intensity). Skala MMI diukur dari level I sampai dengan XII.

Adapun, lokasi gempa berada di koordinat 1.56 LU 126.46 BT atau terletak di 124 kilometer barat laut Jailolo-Maluku Utara pada kedalaman 10 kilometer.

Meskipun tak berpotensi tsunami, BMKG mengimbau masyarakat di sekitar wilayah tersebut untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Sementara itu dalam laman Twitter resmi BNPB mencatat getaran gempa tercatat selama tiga detik dan belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa BMKG manado maluku

Sumber : Antara

Editor : Gajah Kusumo
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top