Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2020, dari Login Hingga Cetak Kartu Peserta

Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020 telah memasuki tahap pendaftaran mulai hari ini, Jumat (14/2/2020).
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 15 Februari 2020  |  06:23 WIB
Siswa mendaftar SNMPTN - Antara
Siswa mendaftar SNMPTN - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020 telah memasuki tahap pendaftaran mulai hari ini, Jumat (14/2/2020).

Masa pendaftaran akan dibuka selama dua pekan ke depan, yakni hingga 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.

"Siswa yang dinyatakan eligible dimohon memperhatikan kerangka waktu pendaftaran SNMPTN tersebut," ujar Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih melalui keterangan tertulisnya, Jumat (14/2/2020).

Pendaftaran dilakukan dengan melakukan login melalui portal LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya.

Berikut tahapan pendaftaran SNMPTN 2020:

-Usai login, siswa memilih menu pendaftaran SNMPTN.

-Siswa mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi. Pilihan paling banyak dua program studi, dengan alternatif pemilihan: (a) memilih 2 progam studi dalam 1 PTN, (b) memilih masingmasing 1 program studi dari 2 PTN, dan (c) memilih hanya 1 program studi pada 1 PTN.

-Siswa yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya. Template portofolio tersedia di laman Pendaftaran SNMPTN.

-Siswa dapat mengunggah dokumen prestasi tambahan yang dimiliki.

-Siswa melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga.

-Siswa mengisi data ketunaan (bila diperlukan).

-Siswa menyetujui Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia.

-Siswa melakukan finalisasi pendaftaran dan dilanjutkan dengan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai bukti peserta SNMPTN 2020. Setelah finalisasi dan cetak kartu, siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apa pun.

"Pendaftaran dinyatakan selesai setelah siswa melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN. Siswa yang tidak melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta, dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tidak diikutsertakan pada Seleksi SNMPTN 2020," tulis Nasih.

Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

snmptn
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top