Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Naskah Akademik Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Diserahkan ke DPR

Pemerintah telah menyerahkan Surpes dan naskah akademik RUU Omnibus Law ke DPR> Penyerahan itu diberikan oleh enam menteri Kabinet Indonesia Maju.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  19:51 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) menerima draf RUU Omnibus Law Cipta Tenaga Kerja dari Pemerintah yang diwakili sejumlah menteri kabinet termasuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Menkeu Sri Mulyani (kanan) di Gedung DPR, Rabu (12/2/2020). JIBI - Bisnis/John Andi Oktaveri
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) menerima draf RUU Omnibus Law Cipta Tenaga Kerja dari Pemerintah yang diwakili sejumlah menteri kabinet termasuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Menkeu Sri Mulyani (kanan) di Gedung DPR, Rabu (12/2/2020). JIBI - Bisnis/John Andi Oktaveri

Bisnis.com, JAKARTA - Naskah akademik Rancangan Undang-undang Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Cilaka) bersama Surat Presiden (Surpres) resmi diserahkan ke DPR, Rabu (12/2/2020). Pemerintah berjanji akan membuka naskah regulasi itu ke publik.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan pihaknya mempersilakan publik untuk melihat dan menilai naskah tersebut.

“Kalau sudah disampaikan [ke DPR], sudah boleh [dinilai publik]," katanya di Kemenko Polhukam, Rabu (12/2/2020).

Sebelum RUU itu secara resmi diserahkan ke publik, pemerintah enggan untuk menyampaikan draf tersebut ke masyarakat. Mahfud menyebut secara etika, tidak boleh menyerahkan RUU sebelum diparipurnakan.

“Kalau DPR-nya itu belum membuka bahwa ada Surpres (surat presiden) di Paripurna-kan, kita tidak boleh kasih.”

“Berhak-berhak. Nanti kalau sudah sampe sini [RUU] kamu sudah boleh lihat ke sini. saya sudah dikirimi juga,” tegasnya.

Pemerintah menyerahkan Surpes dan naskah akademik RUU Omnibus Law ke Pimpinan DPR di Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020). Penyerahan itu diberikan oleh enam menteri Kabinet Indonesia Maju.

Beberapa diantaranya seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly. Berkas diterima langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Adpaun naskah akademik Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja terdiri dari 79 RUU, 15 bab dengan 174 pasal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

omnibus law
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top