BNPB Sebut Banjir Bandang Rendam Bangli

Banjir bandang terjadi di Bangli, Provinsi Bali pada Jumat (7/2/2020), pukul 14.45 waktu setempat.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 08 Februari 2020  |  11:19 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Selain bencana angin puting beliung yang menerjang Blitar Jawa Timur, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga memastikan telah terjadi peristiwa bencana lainnya di sejumlah wilayah lain di Indonesia.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan banjir bandang terjadi di Bangli, Provinsi Bali pada Jumat (7/2/2020), pukul 14.45 waktu setempat.

"Banjir dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu Banjar Kayu Padi, Desa Belandingan dan Desa Pinggan, Bangli," ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (8/2/2020).

Menurutnya banjir telah berdampak pada penderitaan warga karena 4 KK mengungsi dan kerusakan materiil berupa tenggelamnya alat transportasi 8 unit mobil dan 20 sepeda motor. Di samping itu, 15 unit rumah terendam dan 1 unit tiang listrik roboh menghalangi jalan. BPBD setempat dengan unsur terkait telah melakukan upaya penanganan darurat.

Sementara itu, kejadian banjir juga terjadi di wilayah Jawa Barat dan Kalimantan Tengah pada Jumat (7/2). Bencana tersebut dipicu oleh intensitas hujan tinggi. 

Meskipun banjir tidak menimbulkan korban jiwa, akan tetapi sekitar 880 KK terdampak di Kota Cirebon, Jawa Barat dan 116 unit rumah terendam dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Adapun, kejadian di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, banjir merendam 30 unit rumah dengan ketinggian beragam hingga 1 meter. 

Terkait dengan fenomena cuaca tersebut, BNPB telah memberikan peringatan dini berdasarkan prakiraan yang dilakukan oleh BMKG. 

Pada 8 Februari 2020, wilayah-wilayah yang perlu mempersiapkan kesiapsiagaan terkait dengan potensi hujan lebat dan disertai angin kencang serta kilat yaitu di beberapa wilayah seperti Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara.

Selain itu, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua. Sehubungan dengan fenomena alam terkait iklim dan cuaca, masyarakat diimbau untuk sekali lagi selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi ancaman bahaya, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang maupun petir. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjir, bnpb

Editor : Rio Sandy Pradana
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top