Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

19 Informasi Patut Anda Tahu Sebelum Daftar Penerimaan Mahasiswa Baru UI Periode 2020/2021

Sebelum mendaftar sebagai calon mahasiswa UI, sebaiknya Anda menyimak informasi umum dari 19 pertanyaan perihal pemerimaan mahasiswa baru UI tahun 2020
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  12:12 WIB
Kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok Jawa Barat - Istimewa
Kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok Jawa Barat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru periode 2020/2021.

Pendaftaran dilakukan secara online, dan untuk itu para calon yang hendak mendaftar perlu memperhatikan 9 tahap proses pendaftaran calon mahasiswa UI seperti dikutip dari https://penerimaan.ui.ac.id, Rabu (5/2/2020).

Sebelum mendaftar sebagai calon mahasiswa UI, sebaiknya Anda menyimak informasi umum dari 19 pertanyaan perihal pemerimaan mahasiswa baru UI tahun 2020, seperti di bawah ini:

1. Ada program pendidikan apa saja di UI?

Universitas Indonesia menyelenggarakan program pendidikan jenjang D3, S1, S2, S3, Profesi dan Spesialis.

2. Ada program studi apa saja di UI?

Daftar program studi dapat dilihat di www.simak.ui.ac.id pada bagian pendaftaran atau dengan klik menu nama program pendidikan.

3. Ada jalur masuk apa saja di UI?

Penjelasan jalur masuk UI untuk lulusan SMA/Sederajat, sedangkan jalur masuk jenjang Pascasarjana (S2, S3, Profesi, Spesialis)

4. Apakah di UI ada blacklist?

Universitas Indonesia tidak mengenal istilah blacklist dalam jalur prestasi akademik maupun jalur ujian tulis. Bagi siswa yang diterima melalui jalur prestasi akademik (SNMPTN dan PPKB) kemudian tidak mengambil kesempatan tersebut, konsekuensinya adalah Indeks Prestasi Sekolah akan menurun yang berdampak pada penerimaan mahasiswa baru tahun mendatang.

5. Apakah UI punya jalur masuk mandiri?

Pada tahun 2020 ini UI membuka Jalur Mandiri S1 Reguler yang pelaksanaannya melalui SIMAK UI. Sejumlah 30 persen dari total daya tampung S1 Reguler akan dipenuhi dari seleksi Jalur Mandiri S1 Reguler dengan SIMAK UI. Selain Jalur Mandiri S1 Reguler, UI menyelenggarakan S1 Paralel, S1 Kelas Khusus Internasional, dan Program Vokasi yang seleksi masuknya melalui SIMAK UI.

6. Apakah SIMAK UI adalah jalur masuk mandiri?

SIMAK UI adalah seleksi mandiri untuk masuk UI terpadu berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. Mahasiswa yang diterima melalui jalur SIMAK UI membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor. Mahasiswa S1 Reguler SIMAK UI membayar biaya pendidikan yang sama dengan S1 Reguler SNMPTN, maupun S1 Reguler SBMPTN.

7. Dimana saya bisa mendapat informasi tentang SIMAK UI?

Informasi SIMAK UI dapat dilihat disini.

8. Kapan jadwal penerimaan mahasiswa baru UI?

Jadwal penerimaan mahasiswa UI dapat dilihat disini.

9. Bagaimana cara mendaftar Seleksi Masuk UI?

Cara mendaftar sesuai dengan ketentuan jalur masuk. Tatacara pendaftaran SIMAK UI dapat dilihat di https://penerimaan.ui.ac.id. Sedangkan tatacara pendaftaran SBMPTN dapat dilihat di https://sbmptn.or.id. Dan tatacara pendaftaran SNMPTN dapat dilihat di https://snmptn.ac.id

10. Apa saja syarat pendaftaran Seleksi Masuk UI?

Persyaratan pendaftaran sesuai dengan jalur masuk yang dapat dilihat di website masing-masing jalur masuk pada masa pendaftaran. Secara umum persyaratan pendaftaran berdasar program pendidikan:

S1 Reguler diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat dengan usia ijasah maksimal 3 tahun pada masa pendaftaran
Vokasi/S1 Paralel diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat tanpa batasan usia ijasah
S1 Kelas Internasional diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat dengan usia ijasah maksimal 5 tahun dan memiliki seritikat TOEFL/IELTS. Jenis TOEFL yang diakui adalah yang disertifikasi ETS (PBT/ITP skor min. 500 atau iBT skor min. 61 atau CBT skor min. 173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5.
S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3 diperuntukkan lulusan D3, D4 atau S1 yang ditunjukkan dengan salinan (copy) ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.
Profesi/Spesialis/S2/S3 diperuntukkan lulusan jenjang pendidikan sebelumnya yang ditunjukkan dengan salinan (copy) ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.
11. Berapa biaya pendaftaran Seleksi Masuk UI?

Biaya pendaftaran SIMAK Vokasi dan S1 Paralel adalah:

Biaya 2 pilihan pertama IPA atau IPS sebesar Rp400.000. Boleh antar program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi.
Biaya 3 pilihan pertama IPA dan IPS sekaligus (IPC) sebesar Rp500.000. Boleh antar program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi.
Setiap pilihan berikutnya dikenakan tambahan Rp60.000
Biaya pendaftaran untuk program SIMAK S1 Kelas Internasional adalah sebesar Rp1.300.000 dengan 1 pilihan prodi. Pendaftar SIMAK S1 Kelas Internasional hanya dapat memilih 1 prodi.

Biaya pendaftaran SIMAK Pascasarjana adalah:

Biaya pendaftaran S2 Rp1.000.000
Biaya pendaftaran S3 Rp1.300.000
Biaya pendaftaran Profesi Rp1.000.000
Biaya pendaftaran Spesialis Rp1.300.000
Biaya pendaftaran sesuai dengan jalur masuk. Informasi lebih jelas, lihat di website masing-masing jalur masuk pada masa pendaftaran.

12. Berapa biaya pendidikan di UI?

Komponen biaya pendidikan berbeda-beda untuk tiap program dan jenjang pendidikan. Biaya pendidikan bukan berdasar jalur masuk, biaya pendidikan berdasar program pendidikan menggunakan SK Rektor tentang Biaya Pendidikan.

S1 Reguler, komponen biaya pendidikan hanya Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang dibayarkan tiap semester.
Vokasi/S1 Paralel/S2/S3/Profesi/Spesialis, komponen biaya pendidikan terdiri dari Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang dibayarkan tiap semester dan Dana Pengembangan (DP) yang dibayarkan hanya pada saat pertama diterima.
S1 Kelas Internasional, komponen biaya pendidikan terdiri dari Tuition Fee (TF) yang dibayarkan tiap semester dan Admission Fee (AF) yang dibayarkan hanya pada saat pertama diterima.
Biaya pendidikan S1 Reguler SIMAK = S1 Reguler SNMPTN = S1 Reguler SBMPTN

13. Apa yang dimaksud biaya pendidikan BOP Berkeadilan?

Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan atau yang dikenal dengan BOP Berkeadilan merupakan mekanisme pengajuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa S1 REGULER yang penetapannya disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan dan dalam pengajuannya harus disertai dengan sejumlah data dan dokumen pendukung. Proses pengajuan dilakukan setelah peserta dinyatakan diterima sebagai mahasiswa S1 Reguler, sehingga skema UKT ini tidak mempengaruhi seleksi.

14. Apa yang dimaksud biaya pendidikan BOP Pilihan?

BOP Pilihan merupakan mekanisme pengajuan tarif UKT bagi mahasiswa S1 REGULER yang penetapannya ditentukan sendiri oleh penanggung biaya pendidikan yang didasarkan pada keinginan untuk berpartisipasi dalam membantu biaya operasional pendidikan sarjana reguler di UI dengan membayar tarif UKT lebih besar dari tarif UKT Kategori IV BOP Berkeadilan. Sama seperti BOP Berkeadilan, proses dilakukan setelah peserta dinyatakan diterima sebagai mahasiswa S1 Reguler, sehingga skema UKT ini tidak mempengaruhi seleksi.

15. Apakah di UI ada beasiswa?

Ya, ada banyak beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa UI. Beasiswa bukanlah jalur masuk, beasiswa adalah bantuan biaya pendidikan. Umumnya beasiswa hanya untuk mahasiswa S1 REGULER sesuai dengan persyaratan yang ditentukan sponsor pemberi beasiswa. Informasi beasiswa dapat dilihat di https://beasiswa.ui.ac.id

16. Dimana saya dapat melihat kurikulum dan akreditasi tiap program studi yang ada di UI?

Informasi kurikulum, kontak dan akreditasi tiap program studi dapat dilihat di https://dialog.ui.ac.id

17. Kapan jadwal penerimaan mahasiswa baru Ekstensi (D3 ke S1) UI?

Pendaftaran Program Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3 hanya dibuka sekali setahun yaitu pada bulan Juni-Juli.

18. Apabila ada sekolah dari luar negeri yang ingin siswanya (WNI) mengikuti Talent Scouting, bagaimana?

Bagi sekolah luar negeri yang memiliki siswa (WNI) berkeinginan mengikuti Talent Scouting dapat mengajukan permintaan undangan dengan melampirkan: Surat pengajuan dari sekolah, Profil sekolah (terdapat keterangan kurikulum yang digunakan), dan Data siswa yang ingin didaftarkan.

19. Apabila ada sekolah yang belum pernah diundang PPKB dan Talent Scouting, apakah bisa mengajukan agar diundang oleh UI?

Bagi sekolah yang belum pernah diundang PPKB & Talent Scouting UI dapat mengajukan permintaan undangan dengan mengirimkan beberapa dokumen:

Surat pengajuan dari sekolah ditujukan ke Kepala Kantor PMB UI ( ada kop surat & tanda tangan kepala sekolah)
Akreditasi Sekolah
Profil sekolah, harus ada penjelasan kurikulum yang digunakan
Data alumni yang masuk UI selama 3 tahun terakhir.
Pengajuan yang masuk akan dievaluasi terlebih dahulu untuk menentukan apakah sekolah akan diundang atau tidak.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas indonesia Penerimaan Mahasiswa Baru
Editor : Nancy Junita
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top