238 WNI yang Dievakuasi dari China ke Batam Dinyatakan Sehat

Kementerian Kesehatan memastikan 243 WNI yang dievakuasi dari China ke Batam dalam kondisi sehat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  06:50 WIB
238 WNI yang Dievakuasi dari China ke Batam Dinyatakan Sehat
WNI di Wuhan China bersiap-siap dievakuasi ke Indonesia menggunakan pesawat Batik Air, Sabtu (1/2/2020), karena wabah virus corona . - Dok. KBRI Beijing

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan memastikan 243 WNI yang dievakuasi dari China ke Batam dalam kondisi sehat.

Dalam laman resminya, Kemenkes menyatakan hasil pemeriksaan kesehatan oleh KKP Kelas 1 Batam tidak ditemukan penumpang dengan suhu tubuh yang meningkat, artinya tidak ada penderita demam pada para penumpang, sehingga dinyatakan sehat dan bisa berangkat ke Natuna.

Kepala KKP Kelas 1 Batam Achmad Fachrani menyatakan proses evakuasi WNI dari China itu juga berjalan lancar.

Sekitar pukul 08:38 WIB pagi tadi, sebanyak 243 orang termasuk di antaranya 5 orang Tim Aju yang dipulangkan dari Wuhan telah tiba dengan selamat di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau untuk selanjutnya diterbangkan ke Natuna. Mereka akan melalui masa observasi selama 14 hari.

Achmad Fachrani menyampaikan rasa syukurnya untuk segala kelancaran proses pemulangan WNI dari Kota Wuhan ke Batam, termasuk proses kekarantinaannya.

Sesuai dengan skenario yang telah disepakati sebelumnya yaitu ketika pesawat sampai, dilakukan proses awal kekarantinaan.

Sesampainya pesawat di Bandara Hang Nadim Batam para petugas kekarantinaan masuk ke dalam pesawat untuk melakukan pengecekan kesehatan, dilanjutkan dengan pengecekan dokumen, bersamaan dengan itu pula dilakukan proses desinfeksi barang di bagasi. Setelah itu, dilakukan pengangkutan barang, menuju pesawat yang akan berangkat ke Natuna, dan bersamaan dengan itu juga proses pemeriksaan kesehatan di dalam pesawat selesai.

Pemeriksaan di Bandara Hang Nadim sesuai dengan skenario yang telah direncanakan dan hasil pemeriksaan kesehatan oleh KKP Kelas 1 Batam tidak ditemukan penumpang dengan suhu tubuh yang meningkat, artinya tidak ada penderita demam pada para penumpang, sehingga dinyatakan sehat dan bisa berangkat ke Natuna.

Dalam proses transit observation tadi pagi tidak ada kendala yang berarti, sehingga proses evakuasi ini berjalan dengan lancar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
virus corona

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top