Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

The Fed Ingin Bergabung ke 'Green Central Bank' untuk Perangi Perubahan Iklim

Gubernur Fed Jerome Powell mengatakan pihaknya telah menghadiri pertemuan Network for Greening the Financial System, yang menyatukan sekitar 50 bank sentral dan lembaga lainnya.nNamun, dia mengatakan Fed belum secara resmi menandatangani keikutsertaan sebagai anggota dan kemungkinan akan dilakukan dalam beberapa waktu mendatang.
Federal Reserve Board Chairman Jerome Powell./ REUTERS - Yuri Gripas
Federal Reserve Board Chairman Jerome Powell./ REUTERS - Yuri Gripas

Bisnis.com, JAKARTA - Federal Reserve mengisyaratkan keinginan bergabung dengan perkumpulan bank sentral seluruh dunia yang dibentuk untuk memerangi perubahan iklim dan meningkatkan pemahaman akan ancamannya terhadap ekonomi.

Gubernur Fed Jerome Powell mengatakan pihaknya telah menghadiri pertemuan Network for Greening the Financial System, yang menyatukan sekitar 50 bank sentral dan lembaga lainnya.

Namun, dia mengatakan Fed belum secara resmi menandatangani keikutsertaan sebagai anggota dan kemungkinan akan dilakukan dalam beberapa waktu mendatang.

"Apakah ada risiko stabilitas keuangan di seluruh sistem? Dalam jangka panjang, itu tentu saja mungkin dan saya akan mengatakan hal itu memberi masukan pada cara kita berpikir tentang perubahan iklim sebagai sebuah institusi," kata Powell seperti dilansir Bloomberg, Kamis (30/1/2020).

Dia menilai politisi harus mengambil sebagian besar tanggung jawab untuk perubahan yang perlu dilakukan.

Secara umum, The Fed telah menunjukkan sikap pasif terhadap perubahan iklim meskipun tekanan dan kritik meningkat terutama karena bank sentral lainnya mulai bertindak.

Sementara itu, Bank of England berencana untuk menguji asuransi dan bank terkait dengan kemampuan mereka untuk mengatasi dampak dari pemanasan global.

Bank of Canada telah memulai program penelitian multiyear dalam upaya yang sama. Sedangkan Bank sentral AS sedang dalam tahap awal penelitian tentang dampak iklim.

"Publik memiliki hak untuk berharap bahwa kami akan memastikan bahwa sistem keuangan tangguh dan kuat terhadap risiko perubahan iklim," kata Bos The Fed.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper