Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

The Fed Ingin Bergabung ke 'Green Central Bank' untuk Perangi Perubahan Iklim

Gubernur Fed Jerome Powell mengatakan pihaknya telah menghadiri pertemuan Network for Greening the Financial System, yang menyatukan sekitar 50 bank sentral dan lembaga lainnya.nNamun, dia mengatakan Fed belum secara resmi menandatangani keikutsertaan sebagai anggota dan kemungkinan akan dilakukan dalam beberapa waktu mendatang.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  17:20 WIB
Federal Reserve Board Chairman Jerome Powell. -  REUTERS / Yuri Gripas
Federal Reserve Board Chairman Jerome Powell. - REUTERS / Yuri Gripas

Bisnis.com, JAKARTA - Federal Reserve mengisyaratkan keinginan bergabung dengan perkumpulan bank sentral seluruh dunia yang dibentuk untuk memerangi perubahan iklim dan meningkatkan pemahaman akan ancamannya terhadap ekonomi.

Gubernur Fed Jerome Powell mengatakan pihaknya telah menghadiri pertemuan Network for Greening the Financial System, yang menyatukan sekitar 50 bank sentral dan lembaga lainnya.

Namun, dia mengatakan Fed belum secara resmi menandatangani keikutsertaan sebagai anggota dan kemungkinan akan dilakukan dalam beberapa waktu mendatang.

"Apakah ada risiko stabilitas keuangan di seluruh sistem? Dalam jangka panjang, itu tentu saja mungkin dan saya akan mengatakan hal itu memberi masukan pada cara kita berpikir tentang perubahan iklim sebagai sebuah institusi," kata Powell seperti dilansir Bloomberg, Kamis (30/1/2020).

Dia menilai politisi harus mengambil sebagian besar tanggung jawab untuk perubahan yang perlu dilakukan.

Secara umum, The Fed telah menunjukkan sikap pasif terhadap perubahan iklim meskipun tekanan dan kritik meningkat terutama karena bank sentral lainnya mulai bertindak.

Sementara itu, Bank of England berencana untuk menguji asuransi dan bank terkait dengan kemampuan mereka untuk mengatasi dampak dari pemanasan global.

Bank of Canada telah memulai program penelitian multiyear dalam upaya yang sama. Sedangkan Bank sentral AS sedang dalam tahap awal penelitian tentang dampak iklim.

"Publik memiliki hak untuk berharap bahwa kami akan memastikan bahwa sistem keuangan tangguh dan kuat terhadap risiko perubahan iklim," kata Bos The Fed.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kebijakan The Fed

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top