Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Virus Corona 30 Januari: 170 Orang Meninggal, 7.711 Kasus Positif

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan pada hari Kamis (30/1/2020), jumlah total kematian yang dikonfirmasi karena virus corona di negara itu telah meningkat 38 hingga 170 pada akhir hari Rabu (29/1/2020), karena jumlah pasien yang terinfeksi meningkat lebih dari 1.700.
Seorang wanita mengenakan masker saat  melakukan perjalanan dengan kereta api berkecepatan tinggi di dekat Jiujiang, Provinsi Jiangxi, China, saat negara tersebut dilanda wabah virus corona baru, 29 Januari 2020. /Reuters
Seorang wanita mengenakan masker saat melakukan perjalanan dengan kereta api berkecepatan tinggi di dekat Jiujiang, Provinsi Jiangxi, China, saat negara tersebut dilanda wabah virus corona baru, 29 Januari 2020. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan pada hari Kamis (30/1/2020), jumlah total kematian yang dikonfirmasi karena virus corona di negara itu telah meningkat 38 hingga 170 pada akhir hari Rabu (29/1/2020), karena jumlah pasien yang terinfeksi meningkat lebih dari 1.700.
 
Dikutip dari Reuters, Komisi itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ada 7.711 kasus yang dikonfirmasi pada akhir hari Rabu (29/1/2020), dengan tambahan 12.167 kasus yang dicurigai.

 Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan keprihatinan serius mengenai penyebaran virus corona baru (2019-nCoV) di luar China.

WHO menyatakan Komite Darurat-nya akan berkumpul kembali secara tertutup pada Kamis (30/1/2020) untuk memutuskan apakah penyebaran cepat virus baru dari China sekarang merupakan keadaan darurat global.

"Dalam beberapa hari terakhir perkembangan virus di beberapa negara (Jerman, Vietnam, dan Jepang), terutama penularan dari manusia ke manusia, membuat kami khawatir," ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers di Jenewa, dikutip dari Reuters, Kamis (30/1/2020).

"Meskipun jumlah kasus di luar China masih relatif kecil, mereka memiliki potensi wabah yang jauh lebih besar," katanya.

Menurut angka terbaru WHO, ada 6.065 kasus virus corona di 15 negara di seluruh dunia. Sedangkan, jumlah pasien meninggal akibat virus ini telah mencapai 132 orang per Selasa (29/1/2020), menurut Komisi Kesehatan Nasional China. Kasus kematian tersebut seluruhnya terjadi di China.

Pada pertemuan pekan lalu, WHO memutuskan untuk tidak mendeklarasikan wabah coronavirus baru di China sebagai darurat kesehatan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper