Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Golkar Dukung Ambang Batas Parlemen 5 Persen

Partai Golkar mendukung usulan kenaikan ambang batas parpol masuk parlemen hingga lima persen sebagaimana direkomendasikan dari hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan pekan lalu.
Bambang Soesatyo di kantor DPP Golkar Jakarta/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso
Bambang Soesatyo di kantor DPP Golkar Jakarta/Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Golkar mendukung usulan kenaikan ambang batas parpol masuk parlemen hingga lima persen sebagaimana direkomendasikan dari hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan pekan lalu.

Politisi Golkar yang juga Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan menaikan ambang batas parlemen itu merupakan angkah tepat.

Bamsoet menilai ambang batas parlemen (PT) sudah seharusnya naik dari waktu ke waktu. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya banyak partai yang akan melenggang ke Senayan.

“Kenaikan ambang batas itu bagus. Tapi, kalau bisa dinaikkan lagi PT itu menjadi 6–7 persen. Golkar ingin naik dari 4 persen menjadi 7 persen untuk pemilu 2024,” tegas Bamsoet, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya, kenaikan itu untuk mencegah terjadinya ledakan jumlah partai di DPR, namun tetap mewakili aspirasi rakyat banyak.

Sementara itu, Nasdem dan PKS, selain setuju malah menginginkan PT berada pada kisaran 7-7,5 persen.
Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya bahkan menyebut bahwa pihaknya pernah mengusulkan kenaikan ambang batas parlemen menjadi 7,5 persen. Alasannya, agar kualitas demokrasi Indonesia meningkat lewat rasionalisasi kepartaian.

"Konteksnya melakukan rasionalisasi kepartaian, kemudian juga mematangkan demokrasi. Kalau itu sampai itu berlaku di DPR provinsi dan kabupaten kota, kita sepakat," ujar Willy.

Dengan ambang batas parlemen 5 persen, partai yang lolos ke parlemen adalah partai yang benar-benar siap. Pasalnya, tantangan partai politik ke depannya sangat beragam dan berat, katanya.

"Sebuah partai politik tentunya memiliki tantangan yang tidak mudah untuk menciptakan iklim demokrasi yang sehat dan sesuai harapan," ujar Willy.

Anggota Komisi II DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengapresiasi usulan PDIP yang berharap agar ambang batas PT direvisi menjadi 5 persen. Mardani menyebut, justru PKS berharap agar ambang batas parlemen dinaikan menjadi 7 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper