Taiwan Siap Gelar Pilpres, Ini Agenda Pemilu Negara Emerging Market Sepanjang 2020

Tak hanya pemilihan presiden Amerika Serikat (AS), sejumlah negara emerging market memiliki agenda pemilu dalam kalender politik mereka sepanjang 2020. Sebagian di antaranya dapat menyuntikkan volatilitas pada emerging market.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 10 Januari 2020  |  10:20 WIB
Taiwan Siap Gelar Pilpres, Ini Agenda Pemilu Negara Emerging Market Sepanjang 2020
Seorang militer memegang bendera nasional Taiwan saat menghadiri upacara pengibaran bendera di Chiang Kai-shek Memorial Hall, di Taipei, Taiwan, 16 Maret 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Tak hanya Amerika Serikat yang akan mendominasi tahun 2020 dengan agenda pemilihan presidennya. Sejumlah negara emerging market memiliki agenda pemilu dalam kalender politik mereka sepanjang 2020.

Sebagian di antaranya dapat menyuntikkan volatilitas pada emerging market. Agenda pertama tahun 2020 adalah pemilihan umum di Taiwan yang akan berlangsung pada akhir pekan ini, 11 Januari.

Pemilu mendatang akan menjadi kesempatan bagi masyarakat Taiwan untuk memilih apakah akan melanjutkan arah pro-kemerdekaan atau menjalin hubungan yang lebih dekat dengan China.

Berikut adalah jadwal pemilu emerging market sepanjang 2020, seperti dilansir Bloomberg.

Kelender Pemilu Emerging Market 2020
TanggalNegaraKeterangan

11 Januari

Pemilihan Presiden Taiwan

Ruang untuk ambiguitas politik dan ekonomi yang diduduki oleh Taiwan dalam beberapa dekade terakhir tengah tertekan di tengah perseteruan supremasi antara dua mitra dagang terbesarnya, AS dan China. Para pemilih menghadapi pilihan antara membangun hubungan AS-Taiwan yang terbaik dalam 40 tahun di bawah capres pro-kemerdekaan, Tsai Ing-wen, atau berpaling ke fokus lebih besar untuk perdagangan, investasi, dan potensi integrasi politik dengan China, seperti yang didukung oleh oposisi Kuomintang.

26 Januari

Pemilihan parlemen Peru

Skandal korupsi telah mengguncang pendirian politik di Peru. Presiden Martin Vizcarra membubarkan Kongres pada 30 September dan pemilu mendatang akan menjadi ujian sentimen sebelum pemilihan umum pada 2021. Pergerakan partai-partai kiri, beberapa di antaranya menyerukan konstitusi baru, dapat mengguncang investor. Investor juga akan mengamati dengan saksama perubahan yang diusulkan pemerintah terhadap undang-undang pertambangan sehubungan dengan protes masyarakat.

21 Februari

Pemilihan parlemen Iran

Hal besar yang harus diperhatikan adalah kebangkitan garis keras di parlemen Iran sebagai akibat dari strategi tekanan maksimum Presiden AS Donald Trump. Blok moderat, reformis konservatif yang mendukung Presiden Hassan Rouhani dan yang telah mengendalikan parlemen sejak 2016 diperkirakan akan runtuh. Namun tewasnya Jenderal Iran Qassem Soleimani karena serangan udara AS kemungkinan memiliki efek melunakkan perpecahan politik dan mempersatukan faksi-faksi melawan AS.

22 Februari

Pemilihan Presiden Togo

Pemungutan suara akan berlangsung dengan latar belakang ketidakpuasan berkelanjutan atas reformasi konstitusi yang disetujui anggota parlemen tahun lalu untuk membatasi masa jabatan presiden menjadi dua periode.

2 Maret

Pemilihan parlemen Israel

Warga Israel akan kembali menggunakan hak suara mereka setelah putaran pemilu sebelumnya gagal menghasilkan pemerintahan mayoritas. Apa yang berbeda kini adalah bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu secara resmi didakwa atas penyuapan dan penipuan, sebuah kasus hukum yang akan membelitnya meskipun ia berhasil mengalahkan penantang utamanya, mantan kepala militer Benny Gantz.

15 April

Pemilihan parlemen Korea Selatan

Sebanyak 300 kursi siap diperebutkan dalam parlemen. Partai Demokrat Korea Selatan yang dihuni Presiden Moon Jae-in berusaha mempertahankan kendalinya atas parlemen.

3 Mei

Bolivia

Bolivia berencana mengadakan pemilihan umum baru setelah pemungutan suara pada 20 Oktober dibatalkan karena tuduhan kecurangan, kerusuhan, dan penggulingan Presiden Evo Morales. Partai MAS akan mengajukan calon baru. Luis Fernando Camacho, salah satu pemimpin protes anti-Morales, juga akan mencalonkan diri.

Sebelum September

Pemilihan Presiden Belarus

Presiden Alexander Lukashenko menghadapi sedikit potensi tantangan serius seiring upayanya menduduki masa jabatan keenam tahun ini. Lukashenko, yang memerintah sejak 1994, berada di bawah tekanan Kremlin yang semakin besar untuk setuju mengintegrasikan Belarus lebih erat dengan Rusia.

September

Pemilihan regional Rusia

Pemilihan gubernur di setidaknya 15 wilayah negara ini akan menjadi penentu sentimen menjelang pemilihan parlemen 2021 yang dipandang penting bagi rencana Kremlin untuk mengelola suksesi pada akhir masa jabatan presiden keempat Vladimir Putin pada tahun 2024.

Musim gugur

Pemilihan Presiden Moldova

Petahana pro-Rusia Igor Dodon kemungkinan akan mengejar masa jabatan kedua setelah memenangkan pemilihan presiden pada 2016. Moldova diketahui kerap diliputi oleh ketidakstabilan politik dan skandal korupsi. Kasus penipuan bank senilai 1 miliar euro (US$1,1 miliar) dari tahun 2014 masih belum terpecahkan.

23 September

Pemilihan Wali Kota Solo dan Medan, Indonesia

Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo, sementara menantunya, Muhammad Bobby Afif Nasution, berupaya menjadi Wali Kota Medan.

4 Oktober

Pemilihan munisipal Brasil

Semua mata akan tertuju pada kinerja para kandidat yang selaras dengan program Presiden Jair Bolsonaro. Investor juga akan mengawasi Partai Pekerja mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva setelah ia dibebaskan dari penjara.

4 Oktober

Pemilihan parlemen Kyrgyzstan

Kemarahan publik terhadap pihak otoritas dapat membentuk suara di negara Asia tengah yang berbatasan dengan China ini. Kyrgyzstan begejolak dengan dugaan skandal pencucian uang yang melibatkan pejabat bea cukai dan persidangan mantan Presiden Almazbek Atambayev atas tuduhan menyalahgunakan kekuasaan.

Oktober

Pemilihan Presiden Guinea

Upaya Presiden Guinea Alpha Condé untuk tetap berkuasa telah memicu protes massal dan kerusuhan kemungkinan akan kembali meletus jika Conde memenangkan referendum yang memungkinkannya mengejar masa jabatan ketiga. Namun, kemenangan Condé akan menjadi kabar baik bagi perusahaan-perusahaan China dan Rusia yang mendominasi pertambangan di negara dengan cadangan bauksit terbesar di dunia ini.

Oktober

Pemilihan Presiden Tanzania

Presiden John Magufuli menjadi favorit untuk memenangkan dan menjalani masa jabatan lima tahun lagi. Dalam masa jabatan pertamanya, pemimpin berusia 60 tahun ini dipuji karena mengurangi inefisiensi negara, tetapi dikritik karena meningkatkan pembatasan kebebasan sipil.

31 Oktober

Pemilihan Presiden Pantai Gading

Pilpres di Pantai Gading akan menjadi ujian penting bagi partai berkuasa yang dihuni Presiden Alassane Ouattara. Selain itu, pilpres nanti akan menentukan apakah produsen kakao top dunia ini dapat menjaga stabilitas yang dipulihkannya pada tahun 2011 setelah didera konflik selama hampir satu dekade.

Oktober/November

Pemilihan parlemen Mesir

Pemilu parlemen diperkirakan berlangsung setelah parlemen saat ini menyelesaikan undang-undang pemilu yang baru. Parlemen saat ini sebagian besar dipandang berjalan seiring dengan pemerintahan Presiden Abdel-Fattah El-Sisi, yang telah banyak dikritik karena secara tajam membatasi kebebasan ketika negara tersebut ingin menghidupkan kembali ekonominya.

29 November

Pemilihan presiden dan dewan nasional Burkina Faso

Presiden Roch Marc Christian Kabore, yang akan mengupayakan masa jabatan kedua, tengah berjuang untuk menghentikan pemberontakan oleh militan Islam dan kelompok-kelompok bersenjata. Pergerakan para pejuang dari Burkina Faso utara hingga wilayah timur dan barat daya telah mengkhawatirkan negara tetangganya, termasuk Pantai Gading.

7 Desember

Pemilihan presiden dan dewan nasional Ghana

Pencapaian Presiden Ghana, Nana Akufo-Addo, atas pertumbuhan ekonomi rata-rata lebih dari 6 persen selama tiga tahun terakhir bukanlah jaminan terpilihnya ia kembali di salah satu negara demokrasi paling kompetitif di Afrika. Akufo-Addo akan menghadapi pendahulunya, John Mahama, dalam persaingan ketat.

Belum ditentukan

Pemilihan parlemen Romania

Pemilu ini kemungkinan akan menjadi rumit bagi pemerintah minoritas Partai Liberal. Para pendahulunya dari Sosial Demokrat meninggalkan defisit anggaran yang membengkak yang mungkin akan membutuhkan langkah pengurangan untuk kembali sesuai dengan batas Uni Eropa.

Belum ditentukan

Pemiliham umum Ethiopia

Keberhasilan reformasi politik dan ekonomi Ethiopia, yang dipelopori oleh Perdana Menteri Abiy Ahmed, akan bergantung pada apakah Partai Kemakmuran memenangkan pemilihan umum tahun ini. Ethiopia membutuhkan kepercayaan investor di tengah kekhawatiran kekerasan politik.

Belum ditentukan

Pemilihan parlemen Kuwait

Pemilu nanti kemungkinan akan berdampak kecil pada pasar. Investor akan fokus pada pencantuman negara Teluk ini dalam indeks MSCI, yang melacak pergerakan saham-saham di emerging market, pada Juni 2020.

Sumber: Bloomberg

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemilu, emerging market

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top