Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anggota KPAI Dapat Rp20-an Juta per Bulan

Laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia merilis besaran hak keuangan ketua, wakil ketua, dan anggota KPAI.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 04 Januari 2020  |  21:08 WIB
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA – Laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia merilis besaran hak keuangan ketua, wakil ketua, dan anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Dikutip dari siaran resmi pada Sabtu (4/12/2019)., dengan pertimbangan dalam rangka meningkatkan mutu, prestasi, pengabdian, dan kinerja KPAI, pada 26 Desember 2019, Presiden Joko Widodo menandatangani Perpres No. 85/2019 tentang Hak Keuangan Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

Menurut Perpres ini, Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota KPAI diberikan hak keuangan setiap bulan. Besaran hak keuangan sebagaimana dimaksud ialah Ketua sebesar Rp26.250.000, Wakil Ketua Rp24.063.000, anggota KPAI Rp21.875.000.

“Pajak penghasilan atas hak keuangan bagi Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” papar Pasal 3 Perpres No. 85/2019.

Ketua, wakil ketua, dan anggota KPAI yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil diberhentikan sementara sebagai PNS Sipil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

PNS yang diberhentikan sementara sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, tidak diberikan penghasilan sebagai PNS.

Pada saat perpres ini mulai berlaku, Perpres No. 37/2005 tentang Honorarium Bagi Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

“Peraturan ini berlaku mulai tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 7 Peraturan Presiden Nomor 85 Tahun 2019, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 26 Desember 2019.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpai

Sumber : setkab.go.id

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top