Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub: Banjir Tol Cipali Km 136 karena Tambang Galian C di Sekitar Sungai

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa penyebab banjir di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, khususnya di kilometer 136 adalah akibat Galian C di sekitar sungai yang dilintasi tol tersebut.
Tol Cipali/Antara
Tol Cipali/Antara

Bisnis.com, MEDAN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa penyebab banjir di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, khususnya di kilometer 136 adalah akibat Galian C di sekitar sungai yang dilintasi tol tersebut.

"Untuk mengatasi hal ini, Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait pengelolaan saluran air oleh pengembang tol," katanya di Medan saat melakukan kunjungan kerja di Stasiun Kereta Api Medan, Sabtu (4/1/2020), seperti dilaporkan Antara.

Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait pengelolaan saluran air di sekitar tol oleh pengembang.

Jadi ke depan, kata dia, pengelola tol tidak hanya mengelola jalannya saja, namun juga melakukan pengamatan pada sungai-sungai di sekitar ruas tol.

Instruksi itu, kata Menhub, sudah sesuai dengan standar operasional prosedur yang ditetapkan oleh kementerian guna merespon peristiwa tol yang tergenang air akibat banjir.

Selain itu pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR agar pengelola jalan tol untuk memperdalam sistem saluran air, sehingga kejadian seperti Tol Cipali kilometer 136 yang kebanjiran tidak terulang kembali.

"Jadi Menteri PUPR memberikan suatu standar operasional prosedur (SOP) baru, yaitu pengelola jalan tol tidak hanya mengelola jalan tol, tapi juga melakukan pengamatan pada sungai-sungai yang melintas di sekitar," demikian Menhub Budi Karya Sumadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper