Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Sosok Soleimani, Jenderal Iran Yang Terbunuh di Irak Atas Perintah Trump

Jenderal Qassem Soleimani, Komandan pasukan elite Quds Iran, tewas mengenaskan bersama bersama enam orang lainnya dalam serangan udara Amerika Serikat (AS) di Bandara Internasional Baghdad, Irak, Jumat (3/1/2019). Ini profil Qassem Soleimani.

Bisnis.com, JAKARTA - Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani membuat heboh pemberitaan internasional setidaknya sejak pagi hari ini, Rabu (3/1/2020).

Bagaimana tidak. Komandan pasukan elite Quds Iran itu tewas mengenaskan bersama bersama enam orang lainnya dalam serangan udara Amerika Serikat (AS) di Bandara Internasional Baghdad, Irak, Jumat (3/1/2019).

Hanya cincin yang dikenakannya sebagai penanda bahwa dirinya benar-benar tewas karena wajah dan tubuhnya dilaporkan hancur.

Hampir semua situs berita terkemuka dunia memberitakan serangan itu. Presiden AS, Donald Trump telah memerintahkan pasukannya untuk membunuh Soleimani.

Lalu, siapakah Soleimani sebenarnya? Soleimani sangat populer di dalam dan luar negeri karena memimpin pasukan Pengawal Revolusi Iran dan berperan penting dalam perang di Suriah dan Irak. Simak profil singkat Qassem Soleimani dari Youtube Al Jazeera English berikut ini.

Dia tercatat menjadi salah satu tokoh sentral dalam menyebarkan pengaruh Iran di Timur Tengah. Nyawanya sering terancam, namun Soleimani selamat dari beberapa upaya pembunuhan oleh agen-agen Barat, Israel dan Arab sebelumnya.

Setidaknya selama dua dekade terakhir dirinya menjadi incaran pembunuhan, baik secara terbuka maupun lewat agen intelijen.

Komandan Lintas Negara
Soleimani menjadi kepala Pasukan Quds pada 1998. Dengan jabatannya itu, dia memperkuat hubungan Iran dengan Hizbullah di Libanon serta kelompok milisi Presiden Suriah Bashar al Assad dan kelompok Syiah di Irak.

Dia menjadi pusat perhatian saat muncul bersama Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan para pemimpin Syiah lainnya.

Di bawah kepemimpinan Soleimani, Pasukan Quds memperluas kekuatannya. Dia berhasil meningkatkan pengaruh kuat di bidang intelijen, keuangan, dan politik di luar perbatasan Iran.
Keluarga miskin

Sebenarnya Soleimani berasal dari latar belakang yang sederhana dan lahir dari keluarga miskin di Iran timur.

Sejak berusia 13 tahun, Soleimani sudah mulai bekerja untuk membantu keluarganya, menghabiskan waktu luang dengan mengangkat beban dan menghadiri khotbah Khamenei. Dia juga menjadi saksi langsung dan merasakan revolusi Iran pada 1979.

Soleimani hanya menjalani pelatihan militer selama enam minggu sebelum dikirim bertempur di Provinsi Azerbaijan Barat, Iran seperti dikutip Aljazeera.com, Jumat (3/1).

Saat masa perang Iran-Irak pada 1980-1988, Soleimani dianggap pahlawan nasional karena misi yang dipimpinnya berjalan sukses di perbatasan Irak.

Tokoh Berpengaruh di Irak
Dalam masa pembentukan kembali pemerintah di Irak pada 2005 pasca-jatuhnya Saddam Husein, pengaruh Soleimani meluas ke politik Irak di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Irak Ibrahim al-Jaafari dan Nouri al-Maliki.

Dalam perang saudara di Suriah yang pecah pada 2011, Soleimani memerintahkan beberapa milisi Iraknya ke Suriah untuk membantu pemerintahan Assad.

Upaya pembunuhan
Soleimani pernah dikabarkan tewas beberapa kali, termasuk dalam kecelakaan pesawat 2006 yang menewaskan pejabat militer lainnya di Iran barat laut.

Berikutnya, nyawanya terancam setelah pemboman 2012 di Damaskus yang menewaskan para pembantu Presiden Suriah Bashar Assad.

Pada November 2015, beredar desas-desus bahwa Soleimani terbunuh atau terluka parah saat memimpin pasukannya bertempur di sekitar Aleppo, Suriah.

Kemudian pada Oktober 2019, Iran mengatakan pihaknya telah menggagalkan komplotan gabungan agen Israel dan Arab untuk membunuh Soleimani.

Berikut video detik-detik penyerangan terhadap Jenderal Qassem Soleimani dari Youtube Tetova News

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper