Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tantangan Ekonomi 2020 Berat, Puan: Pemerintah Harus Jamin Hak Dasar Warga

Menurut Puan, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menjalankan fungsi secara konstruktif. Tujuannya memastikan program-program pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 31 Desember 2019  |  14:05 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) bersama Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) bersiap memimpin rapat koordinasi keamanan di ruang Komisi V, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2019). - ANTARA/Galih Pradipta
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) bersama Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) bersiap memimpin rapat koordinasi keamanan di ruang Komisi V, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2019). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani mengatakan bahwa tahun politik 2019 telah dilewati dengan suksesnya penyelenggaraan pemilu legislatif dan pemilihan presiden.

Menurut Puan, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menjalankan fungsi secara konstruktif. Tujuannya memastikan program-program pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin  dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Program-program pemerintah harus menjamin terpenuhinya hak-hak dasar warga di bidang sosial dan ekonomi berupa penyediaan lapangan kerja, layanan kesehatan, Pendidikan, dan pelayanan publik lainnya agar masyarakat makin merasakan hadirnya keadilan sosial,” katanya melalui pesan instan kepada wartawan, Selasa (31/12/2019).

Puan menjelaskan bahwa pemenuhan hak-hak dasar tersebut bermanfaat sebagai instrumen pengamanan sosial. Ini mengingat tahun 2020 ada tantangan ekonomi akibat dari ketidakpastian global.

“Pemenuhan hak-hak dasar warga dan jaminan ketersediaannya sekaligus akan menjadi program kontra siklus untuk mengurangi dampak akibat kontraksi ekonomi global,” jelasnya.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini optimistis dengan semangat gotong royong, segala tantangan di 2020 akan teratasi. Tentu saja sikap tersebut akan muncul bila dilandasi semangat persatuan dan kerukunan nasional.

Apalagi tahun depan Indonesia juga akan melaksanakan pemilihan kepada daerah serentak. Sebagai bagian dari proses demokrasi, pilkada 2020 harus menghadirkan kegembiraan politik untuk mencari pemimpin-pemimpin daerah terbaik, bukan menjadi ajang konflik horizontal.

Oleh karena itu, Puan menambahkan legislatif bersama eksekutif dan penyelenggara pemilu lewat peraturan yang disusun bersama akan memastikan proses pilkada berlangsung jujur dan adil.

“Mari kita hadapi tantangan ekonomi dan politik tahun 2020 dengan optimistis lewat semangat gotong royong untuk mencari solusi terbaik bagi bangsa ini,” ucapnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

puan maharani
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top