Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Gerhana Matahari Cincin di Sinabang 11.55 WIB. Ini 24 Lokasi Lainnya

Fenomena gerhana matahari cincin hari ini Kamis (26/12/2019) dapat disaksikan masyarakat Indonesia dengan puncak gerhana matahari diawali di Kota Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam pukul 11.55 WIB.
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena gerhana matahari cincin hari ini Kamis (26/12/2019) dapat disaksikan masyarakat Indonesia dengan puncak gerhana matahari diawali di Kota Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam pukul 11.55 WIB.

Tonton live streamingnya dari pengamatan BMKG dari Singkawang Kalimantan Barat di atas.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) waktu awal puncak gerhana matahari cincin di Sinabang persisnya pukul 11.55.19,1 (pukul 11 lebih 55 menit 19,1 detik).

"Di provinsi ini, terdapat dua pusat kota yang terlewati jalur cincin, yaitu Sinabang dengan durasi cincin selama 3 menit 16,0 detik dan di Singkil dengan durasi cincin selama 2 menit 15,7 detik," tulis Laporan BMKG.

Berdasarkan data BMKG gerhana matahari cincin hanya melewati 25 kota di pulau Sumatra dan Kalimantan.

Dengan kata lain, fenomena gerhana matahari yang bisa diamati di luar 25 kota tersebut adalah gerhana matahari sebagian, bukan gerhana matahari cincin.

Berikut 25 kota yang dilalui gerhana matahari cincin tersebut.

Puncak Gerhana Matahari Cincin di Sinabang 11.55 WIB. Ini 24 Lokasi Lainnya

Puncak Gerhana Matahari Cincin di Sinabang 11.55 WIB. Ini 24 Lokasi Lainnya

Gari merah adalah lintasan gerhana matahari cincin

12:53 WIB
Gerhana di Jakarta dan Batam

Batam dan Jakarta tidak dilalui gerhana matahari cincin, melainkan gerhana matahari sebagian. Berikut live streamingnya dari Planetarium Jakarta.

09:55 WIB
GMC di India

Beberapa wilayah India tengah bersiap-siap melihat fenomena gerhana matahari cincin. Berikut live streaming dari Youtube Science NoN Science yang  mengamati fenomena itu dari Tamil Nadu India, namun dalam suasana cuaca yang sedikit mendung.

Bisakah NoN Science mengabadikan momen gerhana matahari cincin tersebut?

09:34 WIB
GMC di Sri Lanka

Sebelum menyambangi wilayah Indonesia, gerhana matahari cincin mengampiri sejumlah wikayah di Arab Saudi, India, Sri Lanka, Malaysia, dan Singapura.

Berikut detik-detik gerhana matahari cincin di Sri Lanka dari akun Yotube Tharulowa Digital.

08:37 WIB
Tips Aman Melihat GMC

Bagaimana cara melihat fenomena gerhana matahari cincin (GMC) secara aman? LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) mengingatkan agar masyarakat tidak melihat fenomena GMC dengan mata telanjang, karena panacaran matahari dapat merusak mata bahkan bisa berdampak lebih buruk lagi, yaitu kebutaaan.

LAPAN memberikan empat tips untuk melihat fenomena GMC dengan aman, yaitu dengan alat sebagai berikut.

1.Kamera lubang jarum
2.Kacamata matahari
3.Teleskop
4.Kamera DSLR

08:12 WIB
Live Streaming Gerhana Matahari

Sambil menunggu video live streming peristiwa gerhana Matahari, simak simulasi pergerakan gerhana matahari cincin dari Johan Muhammad, peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN di atas.

Gerhana matahari cincin diilustrasikan dengan lingkaran kecl gelap di tengah lingkaran besar, yang hanya melalui sebagian wilayah di pulau Sumatra dan Kalimantan.

06:00 WIB
Gerhana Cincin vs GMT

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bumi, bulan, dan matahari segaris, sehingga matahari terhalangi oleh bulan.

Jika jarak bulan dengan bumi barada pada titik terdekat, maka fenomena gerhana yang terjadi adalah gerhana matahar total (GMT), di bulan benar-benar yang menutupi pancaran sinar matahari ke bumi.

Yang terjadi pada fenomena gerhana matahari cincin, jarak bulan terhadap bumi tidak berada pada titik terdekat, sehingga bulan tidak bisa menghalangi seluruh pancaran sinar matahari ke permukaan bumi.

Berikut ilustrasi dari BMKG mengenai posisi bumi, bulan, dan matahari saat terjadinya gerhana matahari cincin.


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper