Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Tegaskan lagi Komitmen Tegakkan Konvensi Hukum Laut Unclos

Indonesia menegaskan kembali komitmen untuk mengadvokasi implementasi United Nations Convention for the Law of the Sea (Unclos) dalam mempromosikan aturan hukum dan tatanan global di laut pada pertemuan Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat.
Bisnis.com, JAKARTA  - Indonesia menegaskan kembali komitmen untuk mengadvokasi implementasi United Nations Convention for the Law of the Sea (Unclos) dalam mempromosikan aturan hukum dan tatanan global di laut pada pertemuan Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat. 
 
Dalam pertemuan tentang lautan dan hukum laut itu, Duta Besar RI untuk PBB Mohammad K. Koba mengatakan Indonesia sebagai negara dengan lebih dari 17.000 pulau dan 100.000 km garis pantai sangat mementingkan lautan. 
 
“Kami sangat bergantung pada lautan. Jutaan orang Indonesia bergantung pada laut untuk sumber makanan dan mata pencaharian,” katanya seperti dikutip siaran pers, Kamis (12/12/2019).
 
Indonesia juga menyatakan dukungan terhadap implementasi resolusi tentang Lautan dan Hukum Laut untuk mengatasi tantangan besar isu kelautan, a.l. persoalan penangkapan ikan secara ilegal, tidak diatur, dan tidak dilaporkan (IUU fishing); kejahatan transnasional terorganisir; perusakan lingkungan laut; serta keselamatan dan keamanan maritim.
 
Lebih lanjut, Indonesia mendorong semua pemangku kepentingan untuk memperkuat kerja sama dalam memastikan keselamatan dan keamanan maritim. Indonesia tetap teguh dalam keyakinannya bahwa Unclos adalah komponen penting dalam pencapaian tiga pilar PBB, yakni perdamaian, pembangunan, dan hak asasi manusia.
 
Indonesia juga bersama-sama mensponsori dan mendukung Resolusi Perikanan Berkelanjutan, Lautan, dan Hukum Laut. Resolusi Perikanan Berkelanjutan telah diadopsi oleh konsensus. Adapun Resolusi Lautan dan Hukum Laut telah diadopsi melalui pemungutan suara pada rapat pleno Majelis Umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper