Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PM Mahathir Beri Saran kepada Sanna Marin, PM Termuda Asal Finlandia

Menurut Mahathir, Selasa (10/12/2019) ada baiknya perdana menteri termuda di dunia, Sanna Marin dari Finlandia, untuk meminta saran kepada "orang tua".
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Desember 2019  |  16:05 WIB
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin - Reuters
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin - Reuters

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Sanna Marin tercatat sebagai perdana menteri termuda di dunia. Saat ini Marin berusia 34 dan menjadi satu-satunya kandidat untuk jabatan puncak di pemerintahan Finlandia.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, yang tercatat sebagai perdana menteri tertua di dunia, pun memberi pesan khusus kepada Marin.

Menurut Mahathir, Selasa (10/12/2019) ada baiknya perdana menteri termuda di dunia, Sanna Marin dari Finlandia, untuk meminta saran kepada "orang tua".

Marin adalah satu-satunya kandidat untuk jabatan puncak dalam pemerintah negaranya setelah pengunduran diri Antti Rinne, menyusul pernyataan tidak percaya kepadanya oleh sebuah partai koalisi yang berkuasa di Finlandia.

"Sementara kami percaya pada idealisme anak muda, penting juga bagi mereka untuk mempertimbangkan pengalaman orang tua." kata Mahathir, 94, kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

"Lalu akan ada kombinasi keduanya, dan itu akan baik," lanjut Mahathir.

Marin menjulang pesat dalam peta politik Finlandia sejak menjadi kepala dewan kota di kampung halamannya, Tampere, pada usia 27 tahun. Marin akan mengambil alih pemerintahan di tengah gelombang pemogokan selama tiga hari, yang akan menghentikan kegiatan produksi di beberapa perusahaan terbesar Finlandia sejak Senin (16/12).

Mahathir memimpin oposisi Malaysia untuk kemenangan pemilihan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Mei lalu. Ini adalah kedua kalinya ia dilantik sebagai perdana menteri Malaysia, jabatan yang sebelumnya dipegang selama 22 tahun dari 1981 hingga 2003.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

finlandia mahathir mohamad

Sumber : Antara/Reuters

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top