Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Meningkatkan Integritas, Organisasi Manfaatkan SNI-ISO 37001

Bisnis.com, JAKARTA - Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Manado menerapkan Anti-Bribery Management System atau SNI ISO 37001.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 25 November 2019  |  19:09 WIB
Ilustrasi - Istimewa
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Manado menerapkan Anti-Bribery Management System atau SNI ISO 37001.  

Hal itu agar organisasi dapat berjalan optimal perlu sistem yang baik dalam mencegah penyimpangan pengelolaan keuangan.

Komitmen untuk mencegah tindakan penyimpangan ini, makin marak diterapkan beberapa tahun terakhir ini.

Sebagai bukti penerapan sistem manajemen tersebut, pada Senin (18/11/2019) diserahkan Sertifikat SNI ISO 37001 kepada BKP Kelas 1 Manado.

"Kami memiliki komitmen menyosialisasikan organisasi yang berintegritas, sehingga dapat mencegah tindak pidana korupsi yang dapat terjadi di berbagai institusi," ungkap Sumarna, Direktur PT Mutuagung Lestari, Senin. 

Sertifikat diserahkan oleh Direktur PT Mutuagung Lestari Sumarna kepada Kepala Balai Karantina Pertanian, Junaidi. Dengan penyerahan ini, BKP Kelas 1 Manado menjadi institusi pertama di Sulawesi Utara yang berhasil meraih sertifikat SNI-ISO 37001. 

Kesadaran terhadap pentingnya penerapan Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP), SNI-ISO 37001 juga dapat diterapkan pada institusi pendidikan. Hal itu telah ditempuh oleh Universitas Jember yang telah berhasil mengantongi sertifikat yang sama. Penyerahan sertifikat dilakukan dengan Dies Natalis ke-55 Universitas Jember pada 20 November 2019.

“Universitas Jember bertekad mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di ranah akademik serta non akademik," ungkap Rektor Universitas Jember Moh. Hasan.

Terdapat beberapa  manfaat yang dapat diperoleh oleh sebuah instansi dengan mengantongi sertifikat SNI ISO 37001. Di antaranya, digunakan organisasi untuk membantu mencegah, mendeteksi, melaporkan, serta menangani kasus penyuapan.

"Terdapat lingkungan yang memungkinkan adanya dorongan pada penyimpangan itu, karena tindak pidana korupsi bukanlah sebuah situasi tunggal. Untuk mencegah terjadinya penyimpangan itu, perlu dibangun sebuah ekosistem anti korupsi, yang dimulai dari pencegahan penyuapan. Oleh karena itu, sistem ini bisa diterapkan oleh berbagai institusi, bukan hanya organisasi pemerintahan," ujar Direktur PT Mutuagung Lestari Sumarna.

Melalui pengalaman dan kompetensi intinya di bidang Sistem Manajemen, PT Mutuagung Lestari memperoleh pengakuan berskala nasional serta internasional dan dapat mengakomodasi perusahaan-perusahaan yang hendak melaksanakan skema SMAP.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sertifikat mutu
Editor : Bambang Supriyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top