Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bertemu Peneliti Muda di Korsel, Jokowi Sebut Indonesia akan Punya Badan Riset

Mengawali agenda hari ketiga di Busan, Korea Selatan, Presiden Joko Widodo bertemu dengan 22 ilmuwan Indonesia Senin (25/11/2019).
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 25 November 2019  |  11:44 WIB
Loading the player ...
Menteri Luar Negri Retno Marsudi menjelaskan agenda Presiden Joko Widodo untuk Senin 25 November 2019. Video Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Mengawali agenda hari ketiga di Busan, Korea Selatan, Presiden Joko Widodo bertemu dengan 22 ilmuwan Indonesia Senin (25/11/2019).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah telah membangun rumah besar penelitian yang bernama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Ini memang baru awal karena memang mimpi kita semua yang namanya balai penelitian, lembaga-lembaga penelitian kita, lembaga kita semuanya masuk ke dalam rumah besar itu,” ujarnya, dikutip dari laman setkab.go.id.

Presiden menjelaskan, jika berdiri sendiri-sendiri setiap kementerian atau lembaga masing-masing memiliki anggaran penelitian antara Rp700 miliar sampai Rp800 miliar. Sementara itu,  jika digabungkan angkanya bisa mencapai Rp26 triliun.

“Kalau menurut saya itu angka gede banget meskipun belum segede yang tadi disampaikan 4 koma berapa? Di sini, 4,2% dari GDP kita ya memang belum,” tekannya.

Dia pun menambahkan pemerintah masih berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur selama lima tahun terakhir. Tetapi lima tahun ke depan, Jokowi mengemukakan Indonesia akan fokus pada aspek pengembangan sumber daya manusia termasuk di dalamnya adalah riset dan inovasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi korea selatan
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top