Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dukung Program Prioritas Nasional, Komunikasi ke Pemda Diintensifkan

Komunikasi antara pemerintah pusat dengan daerah mesti ditingkatkan untuk mendukung penyederhanaan birokrasi serta berbagai program prioritas nasional.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 23 November 2019  |  13:09 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. - ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. - ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri mendorong pimpinan daerah untuk membangun komunikasi guna mendukung Lima Program Prioritas Nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.
 
Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Sabtu (23/11/2019).
 
"Bangun komunikasi tidak hanya secara vertikal tetapi juga secara horizontal antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda). Kemendagri siap menjadi fasilitator," tuturnya.
 
Akmal juga meminta kerja sama Pemda dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk mendukung kebijakan Program Prioritas Nasional dalam hal penyederhanaan regulasi untuk kemudahan investasi.
 
Dia menyinggung Presiden Jokowi telah menyampaikan kepada seluruh jajarannya untuk  menyederhanakan regulasi. Dengan demikian, untuk mendukung langkah pemerintah tersebut, komunikasi antara semua stakeholder sangat dibutuhkan.
 
Kendati demikian, Kemendagri memastikan bahwa penyederhanaan regulasi termasuk birokrasi hanya bertujuan untuk mendorong kemudahan berinvestasi dan tidak akan menganggu pelayanan publik.
 
"Transformasi ke depan adalah transformasi yang mendorong aktivitas ekonomi berbasis Sumber Daya Alam (SDA), sumber daya manufaktur, dan sumber daya industri jasa modern, sehingga bisa menimbulkan multiplier effect terhadap kesejahteraan masyarakat," tegas Akmal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemda kemendagri
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top