Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kericuhan Memanas, Festival Tahunan K-Pop Tak Digelar di Hong Kong 

Festival tahunan musik K-Pop di Hong Kong diketahui tidak akan berlangsung seperti biasa lantaran meningkatnya eskalasi demonstrasi yang telah memasuki minggu ke-24.
Boyband dari Korea Selatan BTS/Istimewa
Boyband dari Korea Selatan BTS/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Festival tahunan musik K-Pop di Hong Kong diketahui tidak akan berlangsung seperti biasa lantaran meningkatnya eskalasi demonstrasi yang telah memasuki minggu ke-24.

Dilansir dari Reuters, Senin (11/11/2019), Hong Kong merupakan tuan rumah penyelenggaraan Mnet Asian Music Awards (MAMA) yang telah berlangsung sejak 2012. Dan biasanya, para jajaran artis K-Pop termasuk boyband fenomenal, BTS, tampil dalam pergelaran tersebut.

Pada tahun-tahun sebelumnya, puluhan ribu penggemar K-Pop akan akan memadati stadion di Hong Kong untuk menyaksikan acara penghargaan itu. Namun, tahun ini, pemandangan itu dipastikan tidak ada.

Langkah ini mengikuti keputusan penyelenggara yang membatalkan atau bahkan menunda sejumlah pertandingan olahraga, konser, dan acara lainnya di Hong Kong karena meningkatnya gelombang demonstrasi yang dilakukan oleh para aktivis pro-demokrasi.

Sejumlah acara yang ditunda atau dibatalkan, di antaranya adalah acara tenis wanita utama Hong Kong, yang sesuai rencana diselenggarakan pada Oktober, serta ditundanya pertandingan sepak bola kota di Hong Kong. 

Selain itu, pada hari ini, eskalasi demonstrasi juga kian meningkat setelah terjadi penembakan demonstran oleh polisi Hong Kong serta insiden pembakaran seorang pria tak dikenal usai terlibat adu mulut dengan para demonstran. 
"Tahun ini, setelah diskusi internal, penyelenggara MAMA memutuskan untuk tidak mengadakan acara di Hong Kong karena adanya unjuk rasa," ujar narasumber, yang dikutip dari Reuters.

Sementara itu, CJ ENM Co Ltd Korea Selatan, selaku penyelenggara acara, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah pernyataan bahwa Hong Kong belum dipilih sebagai lokasi acara karena mempertimbangkan berbagai keadaan.

Tanpa menjelaskan lebih lanjut, CJ ENM menambahkan bahwa penghargaan musik tahunan itu akan berlangsung di Nagoya, Jepang pada 4 Desember 2019. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper