Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perguruan Tinggi Indonesia & Prancis Tingkatkan Kerja Sama Penelitian

Menristek Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan forum pertemuan antara pimpinan perguruan tinggi Prancis dan Indonesia yang sudah tahun ke-11 ini fokus dalam peningkatan iklim penelitian di Tanah Air.
Menristek Bambang Brodjonegoro/Antara
Menristek Bambang Brodjonegoro/Antara

Bisnis.com, MAKASSAR – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan forum pertemuan antara pimpinan perguruan tinggi Prancis dan Indonesia yang sudah tahun ke-11 ini fokus dalam peningkatan iklim penelitian di Tanah Air.

Menristek mengatakan kegiatan "The 11th Joint Workshop Group on Higher Education, Research, Innovation, and Entrepreneurship" yang digelar pada Kamis (31/10/2019) supaya ilmuan atau akademisi Indonesia dan Prancis terus saling berbagi ilmu sehingga meningkatkan kualitas penelitiannya.

"Mau tidak mau kita harus belajar sekaligus bekerja sama dengan peneliti-peneliti dari negara yang telah maju penelitiannya," katanya di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (31/10/2019).

"Begitu pun dengan universitas yang memiliki tradisi institusi yang kuat, juga meski memperkuat kerja sama," lanjutnya.

Sementara bagi Prancis, kata Bambang, tentu bisa banyak belajar dari Indonesia.

Dia menjelaskan dengan penguatan kerja sama, pada akhirnya diharapkan kualitas riset lebih berkelas dunia sekaligus menolong universitas yang lain untuk ikut meningkatkan risetnya.

"Diharapkan periset di Indonesia tidak hanya berhenti pada tahap riset dasar atau riset aplikasi, tapi mencoba terus menjadi pencipta baik invensi atau inovasi," ujarnya.

Untuk bidang kerja samanya, ia mengaku secara umum.Namun begitu, menurut dia, lebih fokus sains dan humaniora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper