Arab Saudi akan Investasi Industri Hilir Migas di India

Perdana Menteri India Narendra Modi menyatakan Arab Saudi akan berinvestasi dalam sejumlah proyek hilir minyak dan gas di India sebagai bagian dari kemitraan strategis antar kedua negara.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 29 Oktober 2019  |  15:58 WIB
Arab Saudi akan Investasi Industri Hilir Migas di India
Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman di Buenos Aires, Argentina, Kamis (29/11/2018). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA —Perdana Menteri India Narendra Modi menyatakan Arab Saudi akan berinvestasi dalam sejumlah proyek hilir minyak dan gas (migas) di India sebagai bagian dari kemitraan strategis kedua negara.

Dikutip dari Reuters, Selasa (29/10/2019), Modi dijadwalkan bertemu Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Riyadh, Arab Saudi.

“Dari hubungan pembeli—penjual, kami sekarang bergerak menuju kemitraan strategis yang lebih dekat, yang mencakup investasi Arab Saudi dalam proyek hilir migas,” papar Modi.

Sebelumnya, Saudi Aramco bersama dengan perusahaan minyak nasional Uni Arab Emirat (UEA), ADNOC, telah membuat kesepakatan untuk mengambil 50 persen saham Pemerintah India dalam proyek mega kilang yang memproduksi 1,2 juta barel per hari (bph).

Pemerintah India juga berencana menjual seluruh 53,29 persen sahamnya di kilang milik Bharat Petroleum Corp., dengan harga sekitar US$10 miliar [sekitar Rp140,28 triliun, kurs Bank Indonesia Rp14.028 per dolar AS].

Aramco pun mengincar 20 persen saham dalam bisnis petrokimia dan penyulingan milik Reliance Industries. Selama kunjungan Modi, India akan menandatangani sejumlah kesepakatan energi dengan Arab Saudi, termasuk keikutsertaan dalam proyek cadangan minyak strategis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
india, arab saudi

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top