Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Menggunakan Computer Assisted Test pada Ujian CPNS 2019

Seleksi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka pada pekan terakhir Oktober 2019.
Ilustrasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS)./Antara-Umarul Faruq
Ilustrasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS)./Antara-Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyampaikan bahwa seleksi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka pada pekan terakhir Oktober 2019.

Seperti diketahui, tes CPNS nantinya akan berbasis Computer Assisted Test (CAT). Seperti dilansir dari Tempo, Minggu (27/10/2019), aplikasi CAT terdiri atas daftar soal dan pilihan jawaban, navigasi nomor soal, serta indikator waktu.

Soal berada di posisi sebelah kanan layar, sedangkan navigasi nomor soal berada di sisi kiri layar. Aplikasi CAT yang digunakan pada 2017, sudah memiliki banyak perubahan baik dalam hal fitur maupun tingkat keamanan. 

Salah satu fitur keamanan yang diterapkan di antaranya penggunan PIN register dan PIN sesi. Jika PIN register dapat diperoleh saat peserta melakukan check in atau daftar ulang sebelum memasuki ruang tes, maka PIN sesi adalah kode yang harus dimasukkan saat akan log in ke aplikasi CAT.

PIN register berfungsi memastikan calon peserta tes yang hadir benar-benar orang yang semestinya hadir, sesuai data yang dimiliki panitia saat pendaftaran.

Adapun PIN sesi akan berubah pada setiap sesi. Dengan demikian, dapat meminimalisir peluang penyalahgunaan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab, termasuk joki tes.

Kemudian, dalam menjawab soal, peserta tes tinggal menggerakkan kursor dan menekan "klik" di pilihan jawaban yang dianggap benar. Selanjutnya, tekan menu "simpan dan lanjutkan".

Harap diingat, peserta tes harus selalu memastikan untuk menekan menu "simpan dan lanjutkan" setelah memilih dan mengetuk jawaban. Jika hal ini tidak dilakukan, maka jawaban tak akan tersimpan dan akibatnya, tidak ada skor yang terhitung.

Lalu, di bagian atas layar terdapat menu yang menunjukkan nomor ujian peserta, nama peserta tes, batas waktu pengerjaan soal, jumlah soal yang harus dijawab, jumlah soal yang sudah dijawab, jumlah soal yang belum dijawab, dan sisa waktu yang masih tersedia.

Peserta tes tak perlu khawatir jika merasa ada jawaban yang keliru dan ingin mengubahnya. Cukup mengetuk nomor soal yang dituju di menu navigasi nomor soal, kemudian klik jawaban baru yang dianggap benar.

Jika ada jawaban baru yang ditekan, maka otomatis akan menggantikan jawaban yang lama dengan catatan peserta telah menekan "simpan dan lanjutkan". Apabila tombol tersebut tidak ditekan, maka jawaban yang lama lah yang akan terekam dalam sistem.

Peserta tes yang sudah menyelesaikan seluruh soal dan tidak ingin mengubah jawabannya meskipun masih ada waktu yang tersedia, dapat mengetuk "selesai ujian", yang akan menampilkan skor hasil tes.

Aplikasi CAT juga akan tertutup secara otomatis jika waktu yang disediakan telah habis dan bakal langsung menampilkan skor tes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper