Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Ini Tahap Demi Tahap Seleksi CPNS 2019

Ada lowongan 197.117 sebagai CPNS, dengan perincian instansi pusat 37.854 formasi di 74 kementerian lembaga dan instansi daerah 159.257 formasi di 467 Pemda.
Ilustrasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS)./Antara-Umarul Faruq
Ilustrasi seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS)./Antara-Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA – Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera dibuka. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeluarkan jadwal tahapan dan tata cara pendaftaran calon abdi negara.

Pengumuman pendaftaran CPNS dijadwalkan pada akhir Oktober – awal November 2019. Pendaftaran ini diawali dengan penetapan formasi CONS 2019 kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan menjelaskan penyerahan formasi CPNS 2019 sendiri telah berlangsung pada Kamis (17/10/2019) di Jakarta.

“Membuka formasi sebanyak 197.117 dengan rincian Instansi Pusat 37.854 formasi di 74 kementerian lembaga dan Instansi Daerah 159.257 formasi di 467 Pemda. Ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus yaitu cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat,” jelasnya dikutip dari siaran resmi BKN, Jumat (17/10/2019).

Adapun pengumuman pendaftaran CPNS akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi daring atau online pada November 2019. Tahapan pendaftaran selanjutnya seleksi administrasi yang diagendakan pada Desember 2019.

Tidak lama setelah itu, panitia perekrutan CPNS 2019 melanjutkan seleksi dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020 dan diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020.

“Hasil SKD dijadwalkan akan diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang [SKB]. Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020,” terangnya.

Untuk pendaftaran awal, calon peserta seleksi CPNS menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga. Calon pelamar harus memastikan kedua data tersebut telah sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat sebelum melakukan pendaftaran.

Berikut ini alur pendaftaran dalam portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN):

  1. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCN 2019 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga
  3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Lengkapi biodata
  5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan
  6. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen
  7. Cek resume, cetak kartu pendaftaran

Pengumuman penerimaan CPNS resmi akan dipublikasikan di website dan media sosial instansi penerima formasi dan juga portal SSCASN. Sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada November, portal SSCASN belum dapat diakses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper