Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Pelantikan Presiden : Inilah Hotel-hotel Tempat Tamu Negara Menginap

Hingga kini, kepala negara atau kepala pemerintahan yang dipastikan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 antara lain berasal dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Australia.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 17 Oktober 2019  |  15:50 WIB
Jelang Pelantikan Presiden : Inilah Hotel-hotel Tempat Tamu Negara Menginap
Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Sekretariat Negara menyatakan sejumlah hotel sudah mulai disiapkan untuk para tamu negara yang rencananya bakal menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10/2019).

“Hotel yang pertama kami sarankan adalah Hotel Fairmont, Hotel Mulia, lantas Hotel  Sultan, Hotel Four Seasons. Nah, tentunya ada permintaan-permintaan khusus dari kepala negara yang sudah mulai memesan, itu adalah Hotel Mandarin, Hotel Grand Hyatt,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (17/10).

Dia mengungkapkan pihaknya menyarankan para tamu negara untuk menginap di hotel-hotel yang disebutkan tadi karena mempertimbangkan waktu yang sempit untuk masuk ke Gedung MPR di Senayan.

Soal pengamanan, Heru menyatakan pengamanan untuk tamu negara di hotel-hotel tersebut sudah mulai diperketat sejak Kamis (17/10), karena sejumlah tamu negara ada yang sudah datang sejak Sabtu (19/10).

Tak hanya itu, Kementerian Sekretaria Negara dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) juga sudah menyiapkan agenda kunjungan para kepala negara atau utusan negara sahabat ke Istana Merdeka sebelum acara pelantikan berlangsung.

“Nah, itu sedang disusun [agenda courtesy call]. Hari ini, kami akan rapat lagi dengan Kemenlu. Mungkin besok pagi baru fix-nya,” ujarnya.

Namun, Heru menjelaskan agenda kunjungan para tamu negara tersebut kemungkinan dibagi menjadi dua bagian yakni sebelum pelantikan dan sesudah pelantikan.

Hingga saat ini, kepala negara atau kepala pemerintahan yang dipastikan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden antara lain berasal dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Australia.

“Kalau China itu [yang hadir] wakil presiden. Vietnam juga wakil presiden, Thailand deputinya, Amerika Serikat utusan, Demokrat Laos utusan, Filipina presiden. Ada 6 atau 8 [kepala negara],” sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelantikan jokowi
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top