Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jusuf Kalla Gelar Perpisahan yang ke-2, Ini Pesan dan Kesan Setwapres

Sekretariat Wakil Presiden RI menggelar kegiatan silaturahmi akbar di Trans Studio Cibubur, Jakarta Timur untuk melepas Jusuf Kalla. Ini adalah perpisahan kedua kalinya antara Jusuf Kalla dengan Setwapres.

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretariat Wakil Presiden RI menggelar kegiatan silaturahmi akbar di Trans Studio Cibubur, Jakarta Timur untuk melepas Jusuf Kalla hari ini Minggu (13/10/2019).

Acara tersebut dilaksanakan sebagai bentuk perpisahan para pejabat dan pegawai Setwapres RI dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla beserta Ibu Negara Mufida Jusuf Kalla. Seperti diketahui, masa jabatan JK sebagai Wapres RI periode 2014-2019 akan berakhir pada 19 Oktober 2019.

Kepala Kantor Sekretariat Wakil Presiden RI Muhammad Oemar mengatakan dirinya merasa beruntung bisa bertugas dan bekerja menemani JK selama 5 tahun terakhir.

"Kami merasa kewajiban ini justru menjadi kesempatan emas untuk menimba pengetahuan dan pengalaman. Sosok JK bukan hanya memiliki ketokohan yang melegenda di Indonesia, tetapi di dunia," katanya saat memberi kata sambutan di Trans Studio Cibubur, Minggu (13/10/2019).

Selain Setwapres, sejumlah instansi juga menggelar acara pelepasan. Salah satunya adalah TNI Angkatan Udara yang melepas JK dengan acara unik. Simak videonya dari Bisnis TV di atas.

Terkait acara perpisahan dengan jajaran Setwapres, Oemar menuturkan kiprah JK menjadi Wapres RI selama dua periode, yaitu 2004-2009 dan 2014-2019 bukan lah hal yang sering terjadi.
Menurutnya, JK sering kali meluncurkan inisiatif yang orisinil selama menjabat sebagai Wapres RI.

Sumbangan pemikiran JK, lanjutnya, berlaku untuk semua bidang, misalnya ekonomi, sosial, pendidikan, keumatan, hingga diplomasi internasional.

"Pak JK ini bukan profesor akademik. Namun, pengalaman kami sehari-hari justru ide beliau membuat Phd [profesor] mengangguk-angguk dan angkat jempol," imbuhnya.

Oemar juga mengungkapkan Wapres JK juga memiliki sikap negarawan yang teladan, khususnya saat memberi solusi saat negara berada dalam situasi krisis.

Dia mengatakan latar belakang JK sebagai pengusaha di bidang otomotif benar-benar diterapkan ketika menjabat sebagai orang nomor dua se Indonesia. Salah satunya penerapan konsep purna jual (after sales).

"Pak JK selalu bilang kita berkenalan baru start. Yang lebih penting bagi pedagang mobil itu after sales service. Hubungan 20 tahun setelahnya harus mampu bertahan," ucapnya.

Selain JK dan Mufida, hadir Pemilik Trans Corp Chairul Tanjung, serta deputi dan staf khusus Setwapres RI, antara lain mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi, Wijayanto Samirin, dan Husein Abdullah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper