Pembicaraan Perdagangan AS-China : Trump Positif, Liu Tersenyum

Hari pertama perundingan perdagangan antara AS dan China terkesan membawa kecerahan. Usai pertemuan, Trump memperlihatkan sikap positif. Sementara  itu, meski tidak memberi keterangan, Wakil Perdana Menteri Liu He melemparkan senyum kepada wartawan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 11 Oktober 2019  |  09:49 WIB
Pembicaraan Perdagangan AS-China : Trump Positif, Liu Tersenyum
Presiden AS Donald Trump saat bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Ruang Oval Gedung Putih, Washington, AS, 4 April 2019. - REUTERS/Jonathan Ernst

Bisnis.com, JAKARTA—Hari pertama perundingan perdagangan antara AS dan China terkesan membawa kecerahan. Usai pertemuan, Trump memperlihatkan sikap positif. Sementara  itu, meski tidak memberi keterangan, Wakil Perdana Menteri Liu He melemparkan senyum kepada wartawan.

Para perunding AS dan China mengakhiri pembicaraan perdagangan hari pertama mereka. Kalangan pebisnis menyatakan optimistis kedua pihak akan mampu meredakan perang dagang sejak 15 bulan terakhir serta menunda kenaikan tarif AS atas produk China yang dijadwalkan mulai berlaku minggu depan.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer kemarin bertemu Wakil Perdana Menteri Liu He dan pejabat senior China lainnya selama sekitar tujuh jam di markas Departemen Perdagangan AS dekat Gedung Putih.

"Kami melakukan negosiasi yang sangat, sangat baik dengan China," ujar Presiden Donald Trump kepada wartawan setelah pembicaraan selesai, seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Jumat (11/10).

Trump mengulangi menyebutkan rencananya untuk bertemuLiu di Gedung Putih pada hari Jumat dan hal itu dianggap sebagai pertanda baik.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan pembicaraan berjalan sangat baik, bahkan lebih baik dari yang diharapkan.

Akan tetapi, Liu yang tersenyum melambaikan tangan kepada wartawan sebelum meninggalkan Departemen Perdagangan AS, tidak bersedia menjawab pertanyaan. Kedua pihak akan bertemu untuk hari terakhir pada hari ini.

Para negosiator berhasil menyetujui perjanjian "tingkat awal" tentang berbagai hal termasuk soal mata uang dan perlindungan hak cipta meskipun ada peningkatan ketegangan antara dua ekonomi terbesar di dunia itu. 

Sebelumnya, Presiden Trump mengatakan bahwa dia tidak ingin memiliki kesepakatan yang lebih terbatas dengan China. Dia lebih memilih satu kesepakatan yang cakupannya jauh lebih luas. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perang dagang AS vs China

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top