Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasasi KPPU Ditolak, Angkasa Pura II Selamat dari Denda Rp6,53 Miliar

Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi KPPU dalam perkara monopoli penyediaan fasilitas terminal Kualanamu, Medan.
Termial Bandara Soekarno Hatta, Tangerang/ANTARA-Muhammad Iqbal
Termial Bandara Soekarno Hatta, Tangerang/ANTARA-Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA- Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi Komisi Pengawasan Persaingan Usaha dalam perkara monopoli penyediaan fasilitas terminal Kualanamu, Medan.

Berdasarkan penelusuran Bisnis, Kamis (3/10/2019), putusan tersebut diambil dalam musyawarah majelis yang terdiri dari Zahrul Rabain selaku ketua, didampingi oleh Ibrahim dan Yakup Ginting, pada 10 September 2019. majelis sepakat untuk menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh KPPU pada perkara dengan nomor register 824 K/Pdt.Sus-KPPU/2019 tersebut.

Sebelumnya, pengajuan keberatan atas putusan Komisi Pengawasan Persiangan Usaha (KPPU) di Pengadilan Negeri Tangerang diterima oleh majelis hakim sehingga komisi itu kemudian mengajukan kasasi ke pengadilan di tingkat yang lebih tinggi.

Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No.3/2019, proses kasasi merupakan upaya hukum terakhir yang bisa ditempuh oleh para pihak dalam perkara putusan atas pelanggaran persaingan usaha.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano hingga berita ini diturunkan, belum memberikan tanggapan terkait putusan kasaksi perkara tersebut di Mahakamah Agung.

BUMN tersebut sebelumnya dinyatakan bersalah oleh Majelis Komisi KPPU atas praktik monopoli dalam penyediaan fasilitas terminal untuk pelayanan kargo dan pos dikirim dan diterima melalui Bandara Kualanamu. Perkara bernomor 03/KPPU-I/2017 tersebut diputuskan oleh majelis komisi pada 24 April 2018.

Majelis komisi ketika itu menyatakan bahwa terlapor terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar Pasal 17 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 terkait Praktik Monopoli oleh PT Angkasa Pura II (Persero) dalam Penyediaan Fasilitas Terminal untuk Pelayanan Kargo dan Pos yang dikirim (outgoing) dan diterima (incoming) melalui Bandara Kualanamu. Karena itu, terlapor mesti membayar denda sebesar Rp6,53 miliar.

Majelis menilai bahwa bahwa pasar produk perkara yang diperkarakan adalah jasa kebandarudaraan dan jasa terkait bandar udar

Khususnya terkait dengan penyediaan dan/atau pengembangan fasilitas terminal untuk pelayanan angkutan kargo dan pos, serta penanganan kargo dan pos, termasuk jasa pemeriksaan dan pengendalian keamanan kargo dan pos. Dengan pasar geografis adalah Bandar Udara Kualanamu Medan.

“Terdapat perilaku penyalahgunaan posisi monopoli yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II terhadap pengguna jasa terkait dengan pelayanan dan pengiriman kargo dan pos yang justru tidak menciptakan kondisi yang efektif dan efisien dalam kegiatan usaha,” ujar majelis dalam salinan putusan.

Majelis juga menilai mengenai tarif ganda (double charge) ketika berjalannya Regulated Agent untuk kargo outgoing, dan berlakunya Daerah Keamanan Terbatas (DKT) untuk kargo incoming.

PT AP II kemudian mengajukan keberatan karena menilai bahwa mereka tidak melakukan perbuatan monopoli karena berdasarkan pasal 232 ayat (2) huruf b jo Pasal 233 UU Penerbangan kegiatan tersebut hanya dapat diselenggaran oleh Badan Usaha Bandar Udara. PT AP II yang merupakan Badan Usaha Bandar Udara berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 908/2014 tentang PT. Angkasa Pura II (Persero) Sebagai Badan Usaha Bandar Udara.

“Kami senantiasa menjalankan prinsip kehati-hatian dan Good Corporate Governance dalam setiap pengambilan keputusan bisnis dan operasional fasilitas kebandarudaraan. PT AP II tidak melakukan perbuatan monopoli," kata Yudo ketika itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper