Posisi Ketua DPR RI, Mungkinkah PDIP Menunjuk Kader Selain Puan Maharani?

Meski santer disebutkan bahwa Puan Maharani diplot untuk mengisi jabatan Ketua DPR RI, kader PDIP lainnya masih berpeluang menempati posisi tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  15:35 WIB
Posisi Ketua DPR RI, Mungkinkah PDIP Menunjuk Kader Selain Puan Maharani?
Puan Maharani (tengah) berfoto bersama sejumlah kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) saat senam bersama memperingati HUT ke-46 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (11/1/2019). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Meski santer disebutkan bahwa Puan Maharani diplot untuk mengisi jabatan Ketua DPR RI, kader PDIP lainnya masih berpeluang menempati posisi tersebut.

Hal itu dimungkinkan karena sejauh ini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum menunjuk secara resmi bahwa Puan akan menjadi Ketua DPR RI.

Sementara itu, terkait pelantikan dirinya sebagai anggota DPR RI, Mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengakui telah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo untuk mundur sebagai menteri.

“Sejak tanggal 30 September kemarin saya sudah izin pamit kepada Presiden untuk mengundurkan diri dari Menko PMK agar bisa dilantik pada 1 Oktober,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Selasa (1/10).

Puan menjelaskan pengunduran dirinya lantaran dia tak ingin berbenturan dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara yang tidak boleh rangkap jabatan.

“Ya memang sesuai dengan undang-undang bahwa pejabat negara tidak boleh rangkap jabatan,” kata Puan.

Puan tak memungkiri bila PDIP telah mengusulkan namanya untuk menjadi Ketua DPR.

Hanya saja dia belum bisa memasatikan apakah dirinya akan ditempatkan di posisi terhormat itu, meski  berdasarkan UU MD3 PDIP berhak mendapatkan kursi Ketua DPR lantaran memperoleh suara terbanyak dalam pemilu 2019.

Hingga kini Ketua Umum PDIP belum menunjuk Puan untuk menjadi Ketua DPR sehingga masih terbuka peluang posisi tersebut diisi oleh kader PDIP lainnya.

Jadi, selama belum diumumkan secara pasti siapa yang duduk sebagai Ketua DPR RI, kader PDIP lainnya masih memiliki peluang. Perkara besar atau kecil peluang tersebut tentu pihak di luar PDIP hanya bisa menerka-nerka. 

Sementara itu sejumlah partai lainnya telah para wakilnya untuk duduk sebagai Wakil Ketua DPR seperti dari Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Rachmat Gobel dari Nasdem.

Partai Gerindra sebelumnya memutuskan Sufmi Dasco menggantikan Fadli Zon untuk menduduki jabatan wakil ketua DPR periode 2014-2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dpr, puan maharani

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top