Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baru Berusia 16 Tahun, Greta Thunberg Terima Penghargaan Setara Nobel Perdamaian

Greta Thunberg bisa dikatakan sebagai salah satu generasi milenian yang cemerlang. Di usianya yang baru 16 tahun ia berhasil meraih penghargaan setara dengan Nobel Perdamaian.
GretaThunberg : Terima penghargaan setara Nobel Perdamaian/twitter.com
GretaThunberg : Terima penghargaan setara Nobel Perdamaian/twitter.com

Bisnis.com, BANDUNG-- Greta Thunberg bisa dikatakan sebagai salah satu generasi milenial yang cemerlang. Di usianya yang baru 16 tahun ia berhasil meraih penghargaan setara dengan Nobel Perdamaian.

Aktivis muda bidang perubahan iklim asal Swedia Greta Thunberg pada hari ini, Rabu (25/09/2019), dinobatkan sebagai salah satu dari empat pemenang Right Livelihood Award 2019. Penghargaan ini hampir sama bergengsinya dengan penghargaan Nobel.

Right Livelihood Foundation mengungkapkan Thunberg memenangkan penghargaan karena menginspirasi dan memperkuat tuntutan politik atas upaya penanganan perubahan iklim yang mendesak dengan membeberkan fakta ilmiah.

Thunberg yang baru berusia 16 tahun mengecam para pemimpin dunia pada hari Senin lalu (23/09/2019)  dalam pidatonya di KTT Iklim PBB karena gagal mengatasi perubahan iklim.

Dia memulai protes mingguan seorang diri di luar parlemen Swedia setahun yang lalu. Terinspirasi olehnya, jutaan anak muda di seluruh dunia mulai berduyun-duyun turun ke jalan setiap hari Jumat untuk menuntut pemerintah yang menghadiri KTT agar segera mengambil tindakan darurat.

Selain Thunberg, Right Livelihood Award 2019 memberikan penghargaan kepada pemimpin adat Yanomami di Brasil Davi Kopenawa, pengacara hak-hak perempuan dari China Guo Jianmei, serta pembela hak azasi manusia dari Sahara Barat Aminatou Haidar.

"Dengan Penghargaan Right Livelihood 2019, kami menghormati empat visioner praktis yang kepemimpinannya telah memberdayakan jutaan orang untuk mempertahankan hak-hak mereka  dan berjuang untuk masa depan yang layak huni bagi semua orang di planet Bumi," ujar Right Livelihood Foundation. 

Keempat visioner itu akan menerima hadiah uang tunai masing-masing sebesar US$103.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Saeno
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper