Di Wilayah Pekanbaru Terjadi 173 Karhutla Sepanjang Tahun Ini

Luas lahan yang terbakar secara keseluruhan di Pekanbaru dan perbatasan wilayah Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar mencapai 225,506 hektare.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 September 2019  |  15:09 WIB
Di Wilayah Pekanbaru Terjadi 173 Karhutla Sepanjang Tahun Ini
Pengendara kendaraan bermotor menembus kabut asap pekat dampak dari kebekaran hutan dan lahan di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). Kota Pekanbaru menjadi salah satu wilayah di Provinsi Riau yang terpapar kabut asap pekat yang mengakibatkan jarak pandang menurun drastis di Kota tersebut. - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU — Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru mencatat selama periode  Januari—September 2019 terjadi 173 kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah Ibu kota Provinsi Riau itu.

“Kejadian karhutla [kebakaran hutan dan lahan] terbanyak di wilayah Kecamatan Payung Sekaki dan Bukit Raya masing-masing 42 kejadian,” kata Kepala DPKP Pekanbaru Burhan Gurning, Rabu (25/9/2019).

Menurutnya, kebakaran tertinggi lainnya terjadi di Kecamatan Tampan sebanyak 33 kasus, di Kecamatan Rumbai dan Marpoyan Damai masing-masing 18 kasus, di Kecamatan Tenayan Raya 14 kasus.

Selain itu, kata Burhan, karhutla juga terjadi di Kecamatan Rumbai Pesisir sebanyak 5 kasus serta dan Kecamatan Lima Puluh sebanyak 1 kasus, selanjutnya di wilayah Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Pekanbaru mencapai 16 kali kejadian kebakaran lahan.

"Jadi, untuk luas lahan yang terbakar secara keseluruhan di Pekanbaru dan perbatasan wilayah Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar, mencapai 225,506 hektare, ini yang juga turut memicu kondisi ISPU [Indeks Standar Pencemar Udara] memburuk," ungkap Burhan.

Meskipun Rabu (25/9/2019) dini hari Kota Pekanbaru dan sekitarnya diguyur hujan, kata Burhan, DPKP Pekanbaru masih melakukan pemadaman lanjutan kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Angsa Putih dan Jalan M Taher, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya.

Bahkan, katanya, kini dilakukan pemadaman karhutla di lahan yang berada di Jalan Sepakat dengan menyiagakan sebanyak enam unit armada pemadam kebakaran, dan sumber air memadai serta bahan bakar mencukupi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pekanbaru, Karhutla

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top