Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Hujan lebat disertai angin kencang diprediksi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia dalam tiga hari ke depan.
Hujan disertai petir/Istimewa
Hujan disertai petir/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Hujan lebat disertai angin kencang diprediksi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia dalam tiga hari ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat yang akan terjadi pada 23 hingga 25 Agustus 2019 di sejumlah wilayah Indonesia.

Potensi hujan lebat terjadi karena Konvergensi memanjang dari Jawa Barat hingga Sumatra Barat, dari Kalimantan bagian Utara, dan dari Sulawesi Selatan hingga Selat Makasar. Daerah belokan angin terdapat di Sumatra bagian Utara, Kalimantan bagian Barat dan perairan Utara Papua.

Beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat pada hari ini (23/8) yaitu Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, dan Papua.

Esok harinya (24/8), kondisi ini juga masih berlaku untuk wilayah Aceh, Sumatra Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan Papua.

Sementara untuk lusa (25/8), pada wilayah Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Papua masih akan mengalami hujan lebat.

Sementara itu, wilayah Indonesia yang berpeluang diterpa hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (23/8), yakni Jawa Barat dan Kalimantan Barat. Kondisi yang sama masih berlaku hingga esok hari (24/8) untuk wilayah Kalimantan Barat.

Sementara untuk lusa (25/8), wilayah Kalimantan Barat dan Maluku Utara masih berpeluang diterpa hujan disertai angin kencang.

"BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," ujar BMKG dalam keterangan resminya, diterima Jumat (23/8/2019)..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : BMKG

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper