Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hubungan Dengan China Memanas, AS Jual 66 Pesawat Tempur Jenis F-16 ke Taiwan

Di tengah ketegangan hubungan dengan China, Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan 66 pesawat tempur F-16 ke Taiwan.
Pesawat tempur F-16V/theaviationist.com
Pesawat tempur F-16V/theaviationist.com

Bisnis.com, JAKARTA— Di tengah ketegangan hubungan dengan China, Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan 66 pesawat tempur F-16 ke Taiwan.

Tindakan Pemerintah AS tersebut akan membuat hubungan negara itu dengan China makin panas. Taiwan akan mendapatkan versi terbaru dari pesawat tempur Lockheed Martin, F-16C/D Block 70 dalam sebuah kesepakatan senilai US$8 miliar, menurut Departemen Luar Negeri seperti dikutip Theguardian.com, Rabu (20/8/2019).

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Presiden Donald Trump telah menyetujui penjualan pesawat tempur tersebut.

“Penjualan F-16 sangat konsisten dengan hubungan historis antara Amerika Serikat dan China," kata Pompeo. Dia menambahkan bahwa tindakan pihaknya konsisten dengan kebijakan AS sebelumnya.

“Kami hanya menindaklanjuti komitmen yang telah kami buat untuk semua pihak," katanya seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (20/8/2019).

Rencana Taiwan untuk meningkatkan pertahanan udaranya terjadi di tengah meningkatnya serangan militer China ke ruang udaranya. Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari China yang menunggu penyatuan kembali. Akan tetapi pulau itu kini memiliki pemerintahan sendiri dan merupakan sekutu dekat Amerika Serikat.

Persetujuan penjualan pesawat tempur itu dicapai ketika ketika Washington dan Beijing berhadapan dalam negosiasi perdagangan yang keras yang menurut para ekonom merugikan kedua negara adikuasa, serta menyeret ekonomi global ke arah resesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper