HUT Kemerdekaan RI, 2 Kendaran Dinas Era Soeharto Dipajang di Istana Negara

Ada yang berbeda pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 kali ini, dua mobil sedan klasik terlihat dipajang dengan apik di halaman Istana Negara.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 17 Agustus 2019  |  08:28 WIB
HUT Kemerdekaan RI, 2 Kendaran Dinas Era Soeharto Dipajang di Istana Negara
Sedan Cadillac yang digunakan Presiden Soeharto pada 1987-1990 dipajang di halaman Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). JIBI/Bisnis - Amanad Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Ada yang berbeda pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 kali ini, dua mobil sedan klasik terlihat dipajang dengan apik di halaman Istana Negara.

Keberadaan dua mobil sedan klasik memang cukup mencolok di tengah pernak-pernik peringatan Hari Kemerdekaan RI yang menghiasi kompleks Istana Kepresidenan. Bahkan, kedua sedan tersebut menjadi objek swafoto oleh sejumlah pengunjung atau tamu di kompleks Istana Kepresidenan.

Kedua sedan merek Cadillac tersebut memang bukan kendaraan biasa melainkan kendaraan dinas yang digunakan Presiden Soeharto pada 1987-1990. Tak hanya itu, sedan itu juga diketahui pernah menjadi kendaraan yang dinaiki oleh sejumlah tamu negara pada masanya.

"Ini mobil Cadillac 1987 khusus dipesan pemerintah Indonesia pada masanya untuk digunakan Presiden untuk kedinasan digunakan tahun 1987-1990 pada masanya. Ini masih jalan, masih bisa dipakai kalau mau bisa dicoba keliling," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sabtu (17/8/2019).

Dia bercerita bahwa Sedan Cadillac sempat terbengkalai cukup lama di bengkel istana. Namun, demi memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74, mobil kepresidenan sudah diperbaiki meski tidak bisa berkeliling jauh.

Sedan Cadillac tipe Fleetwood Brougham keluaran tahun 1980 resmi 'dikandangkan' sejak Presiden Megawati Soekarnoputri menjabat. Putri Bung Karno itu mulai menggunakan mobil pabrikan Mercedes-Benz.

Sebelum dipajang di halaman Istana Negara, mobil dengan kemudi di sebelah kiri itu sempat dicoba untuk berkeliling di area sekitar istana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
istana negara, soeharto, HUT Kemerdekaan RI

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top