Pengamat : Proses Kaderisasi PDIP Masih Wait And See

Posisi Megawati dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tidak mengalami perubahan pada perhelatan politik tersebut sehingga sebagian kalangan menilai kaderisasi PDIP gagal.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 12 Agustus 2019  |  17:28 WIB
Pengamat : Proses Kaderisasi PDIP Masih Wait And See
Ketua Umum PDI Megawati Soekarnoputri dan Pengurus DPP PDIP Periode 2019-2024 tutup Kongres Nasional V PDIP di Sanur, Bali, Sabtu (10/8/2019) - Bisnis/Lalu Rahadian

Bisnis.com, JAKARTA—Pakar komunikasi politik, Lely Ariannie mengatakan PDI Perjuangan (PDIP) sangat mungkin untuk merombak kepengurusan partai yang telah diumumkan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri setelah Presiden Jokowi mengumumkan struktur kabinetnya.

Menurut Lely, masing-masing partai politik punya strategi tersendiri dalam menyusun kepengurusannya, termasuk PDIP sendiri yang baru saja melaksanakan Kongres di Bali.

Posisi Megawati dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tidak mengalami perubahan pada perhelatan politik tersebut sehingga sebagian kalangan menilai kaderisasi PDIP gagal.

Akan tetapi Lely mengatakan dengan tidak adanya perubahan posisi Ketua Umum dan Sekjen partai, bukan berarti PDIP tidak memperhatikan kaderisasi dalam kepengrusannya.

“Untuk saat ini PDIP belum terlalu siap untuk mengganti posisi stratgeis karena para senior masih perlu mengajarkan teknik, strategi dan model kampanye kepada penerusnya. Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan dilakukan perombakan di tengah jalan nantinya.” Ujarnya, Senin (12/8/2019).

Dia mencontohkan bisa saja Sekjen Hasto Kristiyanto dan petinggi partai lainnya menjadi menteri sehingga ada perubahan susunan kepengurusan, katanya.

“Dalam perjalanannya bisa terjadi pengukuhan pejabat baru di PDIP setelah pengumuman menteri kabinet Presiden Jokowi nantinya,” ujar pengajar Komunikasi Politik dari Universitas Bengkulu dan Universitas Jayabaya tersebut.

Hasto Kristiyanto kembali menjabat Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk periode 2019-2024 di Kongres PDIP. Hasto sebelumnya menjabat Sekjen pada periode 2015-2019.

Terpilihnya Hasto Kristiyanto sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDIP merupakan sejarah dalam partai berlambang banteng moncong putih itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdip

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top