Tiga Kader Lakukan Pelanggaran Berat Saat Kongres PDIP

Ada 3 kader PDI Perjuangan yang melakukan pelanggaran berat dalam Kongres Nasional V partai itu di Sanur, Bali, Jumat (9/8/2019).
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 10 Agustus 2019  |  07:21 WIB
Tiga Kader Lakukan Pelanggaran Berat Saat Kongres PDIP
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri) dan Prananda Prabowo (kanan) meninggalkan ruangan usai konferensi pers tentang pengukuhan dirinya sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024 dalam Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019). Megawati Soekarnoputri terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024. - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR — Ada 3 kader PDI Perjuangan yang melakukan pelanggaran berat dalam Kongres Nasional V partai itu di Sanur, Bali, Jumat (9/8/2019).

Ketiga kader ini melakukan pelanggaran berat karena ketahuan melakukan manipulasi absen dalam proses Kongres V PDIP. Karena perbuatan itu, mereka diberi sanksi pembebasan tugas.

"Ada sekitar 60 orang yang tidak disiplin ikuti jadwal acara kongres baik sidang komisi maupun sidang paripurna. Ketahuan tanda yang dipakai dengan wajah orangnya beda. Maka langsung dicabut oleh pecalang, ada sekitar 60. Diantara 60 orang itu, 3 diantaranya termasuk kategori berat karena menggunakan nama orang lain [untuk masuk Kongres V]," kata Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster di Hotel Grand Inna Beach, Bali.

Ketiga kader PDIP yang mendapat sanksi merupakan petugas partai dari Kalimantan dan Jambi. Mereka ada yang menjabat sebagai Ketua DPC dan Bendahara DPC.

Koster mengatakan, sanksi tegas diberikan partainya agar kader PDIP disiplin dan tertib dalam menjalankan tugas kepartaian.

"Ini kan kongres datang ke Bali sesuai arahan ibu Ketua Umum. Kan tujuannya mengikuti acara kongres bukan acara santai-santai. Jadi harus tertib dan itu disampaikan pada saat acara malam budaya, [peserta kongres] nggak boleh pergi meninggalkan acara-acara persidangan di kongres," katanya.

Kongres V PDIP akan berlanjut hingga Sabtu (10/8/2019) ini. Rencananya Kongres akan ditutup Megawati sore nanti setelah nama-nama pengurus DPP PDIP diumumkan dan dilantik.

"[Struktur DPP PDIP] tidak ada perubahan, sama seperti struktur sekarang terdiri dari 27 personel," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdip

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top