Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTMU) Diperpanjang hingga 26 Juli 2019

PT Bank Syariah Mandiri dan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah memperpanjang pendaftaran online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTMU) hingga 26 Juli 2019. 
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  12:00 WIB

Bisnis.com, BANDUNG--PT Bank Syariah Mandiri dan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah memperpanjang pendaftaran online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTMU) hingga 26 Juli 2019. 

Adapun, tes gelombang pertama sudah dilakukan pada minggu lalu,  Minggu (21/07/2019).

SBMPTMU adalah pendaftaran online untuk 67 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan 11 Fakultas Kedokteran Umum (FKU) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) serta lebih dari 100 program studi lainnya. 

Area Manager Banking Mandiri Syariah Bandung Kota Teguh Prasetya menyampaikan sistem pendaftaran online SBMPTMU ini memudahkan calon mahasiswa untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Muhammadiyah di manapun.

Pasalnya, pembayaran pendaftaran dapat dilakukan di seluruh channel Mandiri Syariah (Internet Banking, Mobile Banking, ATM Mandiri Syariah, Jaringan Bersama atau Prima ataupun melalui teller di kantor cabang Mandiri Syariah.

PP Muhammadiyah memiliki banyak perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kualitas yang baik. 

"Mekanisme pendaftaran lintas wilayah melalui Mandiri Syariah akan memudahkan calon mahasiswa dalam mendaftar dengan biaya dan waktu yang lebih efisien dan fleksibel” kata Teguh dalam konferensi pers di Bandung, Senin (12/07/2019). 

Teguh Prasetya berharap sinergi Mandiri Syariah dengan Muhammadiyah ini dapat memberikan kontribusi pada kualitas pendidikan anak negeri dan meningkatkan citra kedua belah pihak. “Tentunya kami berharap layanan ini bermanfaat dan dapat  #jadiberkah untuk umat” tegasnya.
 
Ketua STIEMB Universitas Muhammadiyah Bandung Ia Kurnia, menyampaikan pendaftaran SBMPTMU telah dibuka sejak April 2019. 

Namun, dia melihat masih banyaknya lulusan SMA yang belum terserap kuliah di PTN dan PTS, dan untuk memberikan kesempatan kepada lulusan-lulusan terbaik untuk mendapatkan pendidikan di bidang kesehatan, khususnya pendidikan dokter dan dokter gigi.

"Oleh karena itu, SBMPTMU membuka kembali gelombang ke- 2 untuk kedua prodi tersebut yang pendaftarannya sudah dibuka dan berakhir 26 Juli 2019," papar Ia.

STIEMB Universitas Muhammadiyah Bandung menargetkan sebanyak 200 mahasiswa baru pada tahun ini. 

Hingga awal minggu ini, STIEMB Universitas Muhammadiyah Bandung telah menerima sebanyak 130 calon mahasiswa.

Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp750.000 untuk FKU/FKG dan Rp300.000 untuk program studi lain, dia mengungkapkan calon mahasiswa mempunyai kesempatan memilih tiga program studi di Universitas Muhammadiyah yang berbeda dan mengikuti ujian dengan sistem Computer Based Test di lokasi terdekat. 

"Tes untuk gelombang kedua InsyaAllah dilaksanakan Senin, 29 Juli 2019 dan diumumkan pada tanggal 2 Agustus 2019," kata Ia.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) Agung Tirta Wibawa mengungkapkan respon masyarakat cukup tinggi dalam pengunaan SBMPTMU. 

"Namun, ini perlu ditingkatkan lagi ke depannya," ujad Agung.

Pasalnya, pendaftaran secara online sangat mempermudah calon mahasiswa tanpa harus berpergian ke kampus Muhammadiyah yang dituju hanya untuk pengurusan administrasi dan tes.

Kerja sama Mandiri Syariah dan PP Muhammadiyah melalui SBMPTMU telah terjalin baik selama dua tahun terakhir. 

Teguh berharap kerja sama ini akan semakin kuat ke depannya karena program SBMPTMU online sejalan dengan program perusahaan untuk mendorong inovasi teknologi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pendidikan

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top