Pengumuman SBMPTN 2019: Ujian Mandiri ITB Dibuka Hingga 12 Juli, Ini Syaratnya

Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan penyesuaian sistem penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (reguler) untuk tahun 2019.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 09 Juli 2019  |  08:49 WIB
Pengumuman SBMPTN 2019: Ujian Mandiri ITB Dibuka Hingga 12 Juli, Ini Syaratnya
Salah satu sudut kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Bandung, Jawa Barat. - itb.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan penyesuaian sistem penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (reguler) untuk tahun 2019.

Seleksi akan dilaksanakan dalam tiga jalur, yaitu: Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM) – ITB untuk semua Fakultas dan Sekolah di institusi tersebut.

Kuota untuk masing-masing program studi untuk Fakultas atau Sekolah selain Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD): SNMPTN (40 persen); SBMPTN (40 persen), dan SM-ITB (20 persen). Sedangkan untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD): SNMPTN (30 persen), SBMPTN (40 persen), SM-ITB (30 persen).

Pendaftaran SM-ITB 2019 dilakukan secara online dengan tata cara pendaftaran dapat diperoleh di laman http://usm.itb.ac.id pada tanggal 17 Juni 2019 (mulai pukul 13.00 WIB) hingga 12 Juli 2019 (23.59 WIB) dan tes Keterampilan bagi peminat FSRD akan dilaksanakan pada tanggal 13 – 14 Juli 2019 di Kampus ITB Jatinangor.

Penyelenggaraan SM-ITB didasarkan pada desk evaluation dengan menggunakan komponen penilaian Hasil UTBK, nilai rapor, serta kriteria lainnya.

Bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD dan hasil UTBK, nilai rapor, hasil tes keterampilan, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke FSRD.

Pengumuman Hasil

Pengumuman hasil Seleksi Mandiri (SM) – ITB sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019, pukul 19.00 WIB melalui laman http://usm.itb.ac.id

Biaya seleksi untuk pendaftar ke Fakultas atau Sekolah selain FSRD adalah sebesar Rp100.000 dan Rp150.000 untuk FSRD yang sudah termasuk untuk Tes Keterampilan.

ITB juga menetapkan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester bagi mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri (SM) – ITB untuk semua fakultas/sekolah mulai dari UKT I digratiskan hingga UKT VI sebesar Rp25.000.000 per semesternya.

Dikutip dari usm.itb.ac.id, syarat yang harus dipenuhi peserta untuk mengikuti seleksi masuk untuk jalur SM-ITB di antaranya

 1. Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS.

2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).

3. Memiliki data prestasi akademik yang tercatat di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) serta mengunggah nilai Rapor semester 1 s.d. semester 6

4. Memiliki nilai UTBK SBMPTN 2019.

5. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2019.

6. Khusus untuk pendaftar ke FSRD, mengikuti Tes Keterampilan.

7. Lulusan tahun 2017 dan 2018 dapat mendaftar SM-ITB asalkan memiliki nilai UTBK SBMPTN 2019.

8. Tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial, bagi peminat : 

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Sains

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Rekayasa

Sekolah Farmasi (SF)

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) – Kampus Ganesa

Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) – Kampus Cirebon

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Kampus Ganesa

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Kampus Cirebon

Program Studi Kimia (FMIPA)

Program Studi Teknologi Pasca Panen (SITH – Program Rekayasa)

Program Studi Teknik Geologi (FITB)

Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
itb, sbmptn, perguruan tinggi negeri

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top