Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Uni Eropa dan Mercosur Capai Kesepatan Perdagangan Bebas

Uni Eropa dan Mercosur, organisasi negara-negara di Amerika Selatan, menyepakati perjanjian perdagangan bebas.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 29 Juni 2019  |  15:20 WIB
Bendera Uni Eropa - Reuters
Bendera Uni Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Uni Eropa dan Mercosur (organisasi negara-negara di Amerika Selatan)  menyepakati perjanjian perdagangan bebas.

Seperti dilaporkan dari Reuters, Sabtu (29/6/2019), kesepakatan itu mengakhiri pembicaraan dua dekade dan kedua pihak berkomitmen untuk pasar yang lebih terbuka dalam menghadapi peningkatan gelombang proteksionisme.

“Kesepakatan ini memberikan pesan nyata dalam mendukung perdagangan terbuka, adil, berkelanjutan dan berdasarkan aturan karena perdagangan menciptakan pekerjaan untuk semua pihak,” ujar Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan pada konferensi pers di kota Osaka barat, Jepang.

Jean-Claude Juncker bersama para pemimpin Eropa dan Presiden Argentina Mauricio Macri, berkumpul untuk KTT G-20. Melalui kesepakatan tersebut, Uni Eropa menjadi mitra utama Mercosur sehingga membuka potensi bagi perusahaan-perusahaan eropa.

Kesepakatan dengan Uni Eropa itu  juga menawarkan lebih banyak jalan bagi pengembangan di Amerika Selatan.

“Kesepakatan ini mempromosikan nilai-nilai kami dan mendukung sistem multilateral, berbasis aturan. [Komitmen tersebut berbicara] banyak, lebih keras dari 1.000 [kesepakatan bersama],” kata Juncker.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uni eropa KTT G20
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top