KTT G20 Jepang: Trump Bahas Perdagangan dengan PM Shinzo Abe

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah tiba di Osaka, Jepang, untuk menghadiri KTT G20 yang akan dihelat selama dua hari, 28-29 Juni.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  08:04 WIB
KTT G20 Jepang: Trump Bahas Perdagangan dengan PM Shinzo Abe
Presiden AS Donald Trump berbicara dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat makan malam di Tokyo, Jepang 6 Mei 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah tiba di Osaka, Jepang, untuk menghadiri KTT G20 yang akan dihelat selama dua hari, 28-29 Juni.

Trump mengawali kehadirannya dalam pertemuan kelompok perekonomian besar dunia tersebut dengan bertemu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe hari ini Jumat (28/6/2019), pukul 08.35 pagi waktu setempat, seperti diberitakan Bloomberg.

Ini menjadi pertemuan kedua Trump dan Abe dalam beberapa bulan setelah Trump menjadi pemimpin asing pertama yang bertemu Kaisar baru Jepang, Naruhito, pada Mei.

Trump mengatakan pertemuan itu akan fokus pada perdagangan, bidang yang diperselisihkan dua sekutu ini. Trump menyebutkan bahwa ia menghargai lapangan pekerjaan yang diciptakan oleh perusahaan-perusahaan otomotif Jepang di AS.

“Kami akan membahas banyak hal dan kami juga akan banyak berdiskusi tentang perdagangan. Saya mengapresiasi fakta bahwa kalian mengirimkan banyak perusahaan otomotif ke Michigan, Ohio, Pennsylvania, dan North Carolina,” tutur Trump pada awal pembicaraan, seperti dikutip dari Reuters.

Area ini menjadi titik yang beberapa kali diangkat pemerintahan Abe karena ancaman pemerintah AS untuk menaikkan tarif mobil.

Selain Trump, para pemimpin dari negara-negara lainnya akan berkumpul di Jepang selama dua hari ke depan untuk membahas isu perang perdagangan, perubahan iklim, dan ketegangan geopolitik atas Iran.

Menurut Gedung Putih, Trump juga akan memanfaatkan KTT kali ini untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Putra Mahkora Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Namun yang paling dinanti-nantikan oleh pasar pekan ini adalah pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping yang direncanakan akan berlangsung pada Sabtu (29/6/2019).

“Pertemuan keduanya kemungkinan akan diadakan pada Sabtu (29/6/2019), hari terakhir perhelatan KTT G20,” menurut salah satu pejabat Gedung Putih, pada Selasa (25/6/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
KTT G20, Donald Trump

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup