Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Tak Cukup Hanya Lulus Dengan IPK Tinggi

Meraih nilai akademis tinggi menjadi dambaan semua mahasiswa. Tapi, IPK tinggi saja tak cukup menjadi modal bagi mahasiswa setelah lulus kuliah.
Ilustrasi logo revolusi industri 4.0./Reuters-Wolfgang Rattay
Ilustrasi logo revolusi industri 4.0./Reuters-Wolfgang Rattay

Bisnis.com, PADANG - Meraih nilai akademis tinggi menjadi dambaan semua mahasiswa. Tapi, IPK tinggi saja tak cukup menjadi modal bagi mahasiswa setelah lulus kuliah.

Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri  menyatakan lulusan perguruan tinggi hanya bermodalkan capaian indek prestasi kumulatif (IPK) tinggi itu sudah masa lalu.

Tuntutan di era kompetisi sekarang ini justru yang terpenting di samping IPK tinggi adalah kemampuan berkomunikasi, literasi teknologi informasi, kepemimpinan, dan critical thinking.

UNP terus mendorong  para lulusannya untuk dapat memanfaatkan dan melakukan inovasi dalam menghadapi revolusi industri 4.0, kata Ganefri saat pidato wisuda ke-115 UNP yang diikuti  938 sarjana di Auditorium UNP di Padang, Minggu (23/6/2019).

"Kreativitas dan kontribusi generasi millenial dalam dunia pendidikan dan sosial budaya menjadi hal yang sangat krusial, sebab mereka adalah generasi yang akan mewarisi bangsa ini," ucapnya.

Dikatakan Ganefri Pemerintah Indonesia telah menetapkan Roadmap Making Indonesia 4.0 sebagai strategi dalam mencapai target menjadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia pada 2030. Perkembangan Infrastruktur dan SDM dapat menjadi modal penting melaksanakan revolusi Industri 4.0.

Revolusi industri 4.0, sebut Ganefri, tidak hanya mengubah industri, namun juga pekerjaan, cara berkomunikasi, berbelanja, bertransaksi hingga gaya hidup.

Untuk itu semua pihak dan pelaku bisnis dinilai perlu untuk memberikan dukungan agar anak bangsa mampu berkembang dan mengikuti perkembangan dunia digital.

Lebih lanjut ia menyebutkan, berkembangnya era revolusi industri akan berpotensi menurunkan kualitas pendidikan dan sosial budaya di negeri ini. Oleh sebab itu kaum millenial sangat mempunyai peranan penting dalam revolusi 4.0.

Dalam kesempatan tersebut, Ganefri juga menyampaikan, memasuki era revolusi industri 4.0 mahasiswa tidak cukup hanya bermodalkan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tinggi, namun kecerdasan emosional menjadi hal yang tidak kalah penting untuk menyongsong zaman serba cepat dan digital ini.

Era revolusi industri 4.0 akan mengancam 130 juta generasi milenial di Indonesia, dalam kondisi demikian mahasiswa dituntut untuk memiliki kompetensi yang urgens.

UNP pada wisuda yang ke-115 ini meluluskan  938 orang, terdiri dari diploma tiga 94 orang, S1 dan D4 kependidikan 443 orang, S1 dan D4 non-kependidikan 257 orang, profesi konselor 25 orang, magister 139 orang dan doktor lima orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper