Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fahri : Anggaran Dipotong, Pemerintah Ingin Lemahkan Pengawasan DPR

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan bahwa kebijakan Menteri Keuangan Sri Mulyani memotong anggaran parlemen akan membuat pengawasan dari DPR melemah sehingga berpotensi meningkatkan angka korupsi di lembaga eksekutif.
Gedung DPR/MPR/JIBI-Felix Djody
Gedung DPR/MPR/JIBI-Felix Djody

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan bahwa kebijakan Menteri Keuangan Sri Mulyani memotong anggaran parlemen akan membuat pengawasan dari DPR melemah sehingga berpotensi meningkatkan angka korupsi di lembaga eksekutif.

“Tidak ada negara demokrasi yang anggarannya dikontrol oleh pemerintah, cuma di Indonesia. Pemerintah tak boleh mengontrol anggaran DPR karena hal itu akan melemahkan pengawasan termasuk korupsi,” ujarnya di Gedung DPR, Senin (17/6).

Dia menilai Pemerintah tak mau posisi DPR kuat sehingga anggarannya dipotong. Padahal, ujarnya, cheks and banaces sangat diperlukan di dalam negara demokrasi.

“Sekarang lembaga legislatif pegawainya dipegang Kementerian Penertiban Aparatur Negara (PAN), uangnya dipegang dan dikontrol Menkeu,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR juga menyampaikan penilaian yang lebih keras. Dia bahkan menilai Sri Mulyani kejam dan tidak berperikemanusiaan karena kebijakannya tersebut.

Menurut Anton, anggaran DPR untuk pembangunan yang diajukan sebesar Rp7,7 triliun, tetapi hanya direalisasikan Rp5,7 triliun.

Padahal, lanjutnya, ruangan anggota DPR perlu diperluas karena dianggap sudah tidak layak dipakai, dan itu membutuhkan dana.

“Menteri Keuangan itu kejam, tidak berperikemanusiaan, karena anggaran kita dipotong-potong,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper